%0 Thesis %9 S1 %A Afriani, Nurkhasanah %B Jurusan PAUD %D 2021 %F UNY:70208 %I Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta %T IDENTIFIKASI KEMAMPUAN SERIASI ANAK KELOMPOK A TK GUGUS IV KECAMATAN PANDAK, BANTUL, YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/70208/ %X Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data identifikasi kemampuan seriasi anak kelompok A TK Gugus IV Kecamatan Pandak, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini fokus pada kemampuan seriasi ukuran panjang-pendek, tebal-tipis, dan besar-kecil. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian dalam penelitian ini berjumlah 25 anak dari 4 TK yaitu TK ABA Tegallayang I, TK ABA Gluntung, TK PKK 112 Glagahan, dan TK KK LKMD Tunjungan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dengan menggunakan persentase. Data hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan histogram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan seriasi pada anak Kelompok A di TK Gugus IV Kecamatan Pandak, Bantul, Yogyakarta termasuk dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan dengan persentase 68%. Persentase tersebut didapat dari indikator mengurutkan 5 pensil dari panjang-pendek atau sebaliknya dengan persentase 57% dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), mengurutkan 5 benda dari panjang-pendek atau sebaliknya menggunakan LKA dengan persentase 74% dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), mengurutkan 5 buku dari tebal-tipis atau sebaliknya dengan persentase 59% dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), mengurutkan 5 kubus dari besar-kecil atau sebaliknya dengan persentase 70% dalam kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan mengurutkan 5 benda dari besar-kecil atau sebaliknya menggunakan LKA dengan persentase 80% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Kata kunci: Kemampuan, Seriasi, dan TK Kelompok A.