TY - THES ID - UNY70207 M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIS PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA MARGOMULYO III AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/70207/ Y1 - 2021/01/01/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran flashcard untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolis pada anak kelompok B TK ABA Margomulyo III dan (2) mengetahui bagaimana efektivitas hasil pembelajaran dengan menggunakan produk pengembangan media pembelajaran flashcard untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolis pada anak kelompok B TK ABA Margomulyo III. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penetilian pengembangan versi ADDIE. Tahapan tersebut yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) produk berupa media pembelajaran flashcard untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolis pada anak kelompok B TK ABA Margomulyo III telah berhasil dikembangkan; (2) kelayakan media pembelajaran ditinjau dari ahli materi mendapatkan persentase sebesar 83% dinyatakan sangat layak; (3) kelayakan media pembelajaran ditinjau dari ahli media mendapatkan persentase sebesar 89,2% dinyatakan sangat layak; (4) kelayakan media pembelajaran ditinjau dari respon guru mendapatkan persentase 88% dinyatakan sangat layak; (5) terjadi peningkatan persentase hasil observasi tentang kemampuan berpikir simbolis pada anak kelompok B TK ABA Margomulyo III. Berdasarkan hal ini, maka pengembangan media pembelajaran flashcard dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan serta efektif untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolis pada anak kelompok B TK ABA Margomulyo III. Kata kunci: media pembelajaran flashcard, berpikir simbolis, anak kelompok B TK ABA Margomulyo III. A1 - Dian, Pitaloka PB - Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta ER -