%0 Thesis %9 S1 %A Dian, Pitaloka %B Jurusan PAUD %D 2021 %F UNY:70207 %I Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIS PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA MARGOMULYO III %U http://eprints.uny.ac.id/70207/ %X Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran flashcard untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolis pada anak kelompok B TK ABA Margomulyo III dan (2) mengetahui bagaimana efektivitas hasil pembelajaran dengan menggunakan produk pengembangan media pembelajaran flashcard untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolis pada anak kelompok B TK ABA Margomulyo III. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penetilian pengembangan versi ADDIE. Tahapan tersebut yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) produk berupa media pembelajaran flashcard untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolis pada anak kelompok B TK ABA Margomulyo III telah berhasil dikembangkan; (2) kelayakan media pembelajaran ditinjau dari ahli materi mendapatkan persentase sebesar 83% dinyatakan sangat layak; (3) kelayakan media pembelajaran ditinjau dari ahli media mendapatkan persentase sebesar 89,2% dinyatakan sangat layak; (4) kelayakan media pembelajaran ditinjau dari respon guru mendapatkan persentase 88% dinyatakan sangat layak; (5) terjadi peningkatan persentase hasil observasi tentang kemampuan berpikir simbolis pada anak kelompok B TK ABA Margomulyo III. Berdasarkan hal ini, maka pengembangan media pembelajaran flashcard dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan serta efektif untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolis pada anak kelompok B TK ABA Margomulyo III. Kata kunci: media pembelajaran flashcard, berpikir simbolis, anak kelompok B TK ABA Margomulyo III.