<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Penilaian Kompetensi Berbahasa Indonesia bagi Penutur Asing."^^ . "Penentuan standar kelulusan merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas penutur bahasa sebagai alat untuk memastikan unjuk kerja sesuai standar kebahasaan yang ditetapkan. Penyelenggara program BIPA mengadaptasi Council of Europe Framework of Reference (CEFR) menjadi tujuh standar yang digunakan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan instrumen tes reseptif khusus bagi penutur asing yang terstandar dan (2) mengatur ulang standar kompetensi keterampilan menyimak, membaca, dan merespons kaidah.\r\nMetode pengembangan yang dilakukan adalah modifikasi dari Borg and Gall (1983) serta pengembangan instrumen terstandar. Pengujian validitas menggunakan konfirmatori faktor (CFA) dengan nilai P=0.185 dan validitas Aiken dari masing-masing item telah memenuhi ambang batas tabel Aiken. Estimasi reliabilitas dengan alpha dari Cronbach sebesar 0.70 sedangkan reliabilitas konstruk, omega, dan maksimal yang digunakan telah terpenuhi lebih dari 0.7. Pengujian asumsi penelitian yakni, uji asumsi item respons teori (IRT) unidimensi, independensi lokal, dan invariansi parameter sehingga ketiga asumsi tersebut telah terpenuhi.\r\nPenelitian ini menggunakan rasch model sebagai model pengujian kemampuan peserta tes yang menghasilkan tingkat kesukaran butir dengan batas kemampuan peserta tes minimal berada pada keterampilan menyimak [-2,29 sampai pada 3.64], keterampilan membaca [-1.85 sampai pada +2.41] , dan keterampilan merespons kaidah [-2.05 sampai pada 4.00]. Hasil penilaian kompetensi menyimak menunjukkan 39% madya; 33% unggul; 28% pada level semenjana. Penilaian kompetensi membaca menunjukkan 55% melampaui batas kemampuan unggul; 24% pada level kemampuan semenjana, sedangkan 21% pada level kemampuan madya. Penilaian kompetensi merespons kaidah menunjukkan 48% kemampuan pada level madya; 39% kemampuan peserta tes pada level semenjana, dan 13% peserta tes berada pada level unggul. Berdasarkan presentase kemampuan peserta tes (penutur asing) menunjukkan bahwa kemampuan unggul peserta tes paling sedikit pada indikator tes merespons kaidah."^^ . "2020-01-15" . . . "Program Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Djemari"^^ . "Mardapi"^^ . "Djemari Mardapi"^^ . . "Memet"^^ . "Sudaryanto"^^ . "Memet Sudaryanto"^^ . . . . . . "Penilaian Kompetensi Berbahasa Indonesia bagi Penutur Asing. (Text)"^^ . . . "Penilaian Kompetensi Berbahasa Indonesia bagi Penutur Asing. (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Penilaian Kompetensi Berbahasa Indonesia bagi Penutur Asing. (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Penilaian Kompetensi Berbahasa Indonesia bagi Penutur Asing. (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Penilaian Kompetensi Berbahasa Indonesia bagi Penutur Asing. (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "Penilaian Kompetensi Berbahasa Indonesia bagi Penutur Asing. (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #70152 \n\nPenilaian Kompetensi Berbahasa Indonesia bagi Penutur Asing.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan (Umum)"@en . .