@phdthesis{UNY70084, month = {September}, school = {Program Pascasarjana}, title = {Model Rekrutmen Guru Produktif SMK Kemaritiman Berbasis Rekognisi Pengalaman Kerja dan Pembelajaran Lampau.}, author = {Siswo Wardoyo and Soenarto Soenarto}, year = {2020}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menentukan deskriptor kompetensi guru produktif SMK Kemaritiman teknika kapal niaga; 2) mengembangkan instrumen rekognisi pengalaman kerja dan pembelajaran lampau (RPKPL) untuk menilai kompetensi calon guru produktif SMK Kemaritiman; 3) mengembangkan perangkat pendukung produk yang dibutuhkan agar produk yang dikembangkan dapat digunakan; 4) menentukan pedoman model rekrutmen guru produktif SMK Kemaritiman. Metode yang digunakan untuk menentukan deskriptor kompetensi guru produktif SMK Kemaritiman teknika kapal niaga adalah teknik Delphi. Pengembangan model rekrutmen guru produktif SMK Kemaritiman berbasis RPKPL menggunakan metode penelitian dan pengembangan Borg \& Gall dengan tahapan yaitu 1) penelitian pendahuluan; 2) pembuatan desain; 3) realisasi desain; 4) melakukan tes, evaluasi, dan revisi; 5) finalisasi dan implementasi. Deskriptor kompetensi, model rekrutmen, dan perangkat pendukung produk divalidasi oleh pakar melalui Focus Group Discussion (FGD). Pakar yang dilibatkan pada FGD adalah ahli kemaritiman, ahli pendidikan teknologi dan kejuruan (PTK), ahli rekrutmen guru, ahli pengembangan vokasional, dan ahli uji kompetensi. Subjek ujicoba pelaksanaan rekrutmen adalah tiga orang sebagai penerima pendaftaran, tiga praktisi kemaritiman sebagai calon guru, dan tiga assessor sebagai penilai dokumen portofolio. Validitas instrumen diuji melalui expert judgment dan data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Deskriptor kompetensi guru produktif SMK Kemaritiman untuk teknika kapal niaga terdiri dari 47 kriteria unjuk kerja untuk kompetensi pedagogik, 22 kriteria unjuk kerja untuk kompetensi kepribadian, 16 kriteria unjuk kerja untuk kompetensi sosial, dan 21 kriteria unjuk kerja untuk kompetnsi profesional. (2) Model rekrutmen guru produktif SMK Kemaritiman berbasis RPKPL dinilai ?Sangat Layak? berdasarkan derajat konsensus rerata 81,3\%. (3) Buku pedoman rekrutmen bagi penerima pendaftaran dinilai ?Sangat Layak? berdasarkan derajat konsensus rerata 86\%. 4) Buku pedoman rekrutmen bagi calon guru dinilai ?Sangat Layak? berdasarkan derajat konsensus rerata 84\%. (5) Buku pedoman rekrutmen bagi assessor dinilai ?Sangat Layak? berdasarkan derajat konsensus rerata 83\%. (6) Buku pedoman model rekrutmen guru produktif SMK Kemaritiman berbasis RPKPL dinilai ?Sangat Layak? berdasarkan derajat konsensus rerata 85\%. Implikasi dari temuan penelitian ini adalah dapat mempercepat pemenuhan kekurangan guru produktif SMK Kemaritiman, khususnya teknika kapal niaga, sehingga dapat meningkatkan produktivitas pendidikan vokasional di Indonesia.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/70084/}, keywords = {kemaritiman, pengakuan pengalaman kerja, pembelajaran lampau, rekrutmen, teknika kapal niaga} }