%T Upaya Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Aktivitas Gerak Berirama melalui Project-Based Learning Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Panggang. %I Program Pascasarjana %D 2020 %K hasil belajar, pembelajaran aktivitas gerak berirama, project-based learning %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peningkatan proses dan hasil belajar aktivitas gerak berirama peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Panggang dengan menggunakan Project-Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan. Subjek penelitian adalah 46 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Panggang. Dalam setiap siklusnya peneliti memberikan materi senam ritmik dengan Project-Based Learning. Instrumen yang digunakan untuk menilai hasil belajar siswa adalah lembar tes pengetahuan, unjuk kerja dan sikap siswa yang diisi oleh guru. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk menilai guru adalah lembar observasi kemampuan guru diisi oleh kolaborator dan angket tanggapan siswa yang diisi oleh siswa setelah pembelajaran selesai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan proses dan hasil belajar. Hasil belajar siswa yang memenuhi KKM yang ditetapkan yaitu 75. Perolehan nilai pengetahuan dari 36 siswa adalah sebagai berikut: enam siswa atau 17% belum mencapai KKM dan 30 siswa atau 83% mencapai KKM. Perolehan nilai ketrampilan dari 36 siswa menunjukkan dua siswa atau 6% belum mencapai KKM dan 34 siswa atau 94% mencapai KKM. Hasil proses pembelajaran terhadap guru dari kolaborator 1 adalah peningkatan sebesar 19%, dan dari kolaborator 2 peningkatan sebesar 22%. Tanggapan siswa setelah proses pembelajaran menunjukkan peningkatan 6%. %A Ruswantini Ruswantini %A Sri Winarni %L UNY69778