%0 Journal Article %@ 978-979-17763-3-2 %A SUDARMADI, M.Pd.Si. %D 2011 %F UNY:6977 %I HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %J Peran ICT untuk Mendukung Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika %T PENDAMPINGAN GURU MATEMATIKA DALAM PENYUSUNAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS ICT UNTUK MENDUKUNG PENDIDIKAN KARAKTER %U http://eprints.uny.ac.id/6977/ %X Tujuan pendidikan karakter adalah untuk membentuk manusia sempurna yang seutuhnya yakni mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar dan penilaian hasil belajar. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika yang interaktif diperlukan persiapan pembelajaran dan bahan ajar yang dapat membimbing peserta didik.Bahan ajar yang diperlukan oleh pendidik tidak hanya berupa cetak saja tetapi dapat berupa bahan ajar berbasis ICT. Kata kunci : pendampingan, perencanaan pembelajaran, pendidikan karakter.