%A Bayu Sakti Aria Swadarma %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa tunalaras kelas V menggunakan media Pop Up pada pelajaran IPA di SLB E Prayuwana. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini siswa tunalaras kelas V berjumlah satu siswa dengan kriteria minat belajar yang rendah. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan angket penilaian minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan mencari nilai rerata minat belajar siswa di kelas. Berdasarkan hasil penelitian terlihat minat belajar siswa rendah dikarenakan strategi pembelajaran masih menggunakan media pembelajaran yang sudah ada dan monoton. Minat belajar siswa tunalaras kelas V di SLB E Prayuwana Yogyakarta setelah diadakan penelitian dengan menggunakan media buku Pop Up mengalami peningkatan. Dengan langkah – langkah guru mencontohkan cara menggunakan media buku Pop Up, lalu guru menerangkan materi menggunakan media buku Pop Up, kemudian siswa disuruh memperagakan dan menerangkan kembali materi yang sudah diberikan oleh guru dengan bahasa mereka sendiri. Peningkatan minat belajar siswa dapat ditunjukan dari kondisi awal siswa saat Pra Tindakan minat belajar siswa kategori rendah (15), kemudian meningkat pada siklus I menjadi sedang (18), kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi tinggi (27,5). Kata Kuci: Anak Tunalaras, Media Pop-Up, Minat Belajar %L UNY69757 %T PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA TUNALARAS PADA PELAJRAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V MENGGUNAKAN MEDIA POP UP DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA %D 2018 %I Universitas Negeri Yogyakarta