%0 Thesis %9 S1 %A Aprinur, Latifa %B Pendidikan Luar Biasa %D 2018 %F UNY:69754 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T EFEKTIVITAS METODE MULTISENSORI TERHADAP PENGUASAAN WARNA ANAK AUTIS KELAS 3 SDLB DI SKA BINA ANGGITA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/69754/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode multisensori terhadap kemampuan penguasaan warna pada anak autis kelas 3 di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Metode multisensori merupakan metode pembelajaran dengan melibatkan seluruh indera yaitu visual, auditory, kinestethic, dan tactil. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR). Subyek penelitian yaitu seorang anak autis yang duduk di kelas 3 SKA Bina Anggita Yogyakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja lisan dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi dan disajikan dalam bentuk grafik dan tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode multisensori efektif terhadap penguasaan pada subyek penelitian. Keefektifan ditandai dengan hasil perolehan skor meningkat setelah dilakukan intervensi menggunakan metode multisensori; perubahan kecenderungan mengalami peningkatan yang konsisten dengan skor yang diperoleh siswa pada fase A (+), fase B (+), dan fase A’ (=); perubahan level fase A (+16,67%), fase B (+29,17%) dan A’ (0%); kecenderungan stabilitas data, jejak data, level dan stabilitas rentang menunjukkan kenaikan secara konsisten; dan hasil analisis data tidak ada data yang overlap dengan persentase overlap A/B 20% dan B/A’ 0%. Kata kunci: metode multisensori, penguasaan warna, anak autis.