%I Program Pascasarjana %D 2020 %T Peningkatan Kemandirian Belajar melalui Teknik Psikodrama pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Yogyakarta. %K kemandirian belajar, teknik psikodrama. %A Resti Okta Sari %A Suharsimi Arikunto %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar pada siswa melalui teknik psikodrama pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan tiga siklus menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini 10 siswa kelas XI SMK Negeri 2 Yogyakarta. Jenis tindakan yang dilakukan adalah konseling kelompok, penyusunan naskah psikodrama, pemahaman peran, bermain drama dan diskusi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala, dan observasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah skala kemandirian belajar dan pedoman observasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 80% dari subjek memiliki kemandirian belajar tinggi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan teknik psikodrama yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan diskusi dapat meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Yogyakarta. Pra-tindakan yang dilakukan dengan menyebarkan skala yang menghasilkan data kemandirian belajar pada siswa yang tergolong rendah. Pada siklus pertama yang terdiri dari lima tindakan 80% siswa memiliki kemandirian belajar dalam kategori sedang. Pada siklus kedua yang terdiri dari lima tindakan 70% siswa memiliki kemandirian belajar dalam kategori tinggi. Dan pada siklus tiga yang terdiri dari lima tindakan 100% siswa memiliki kemandirian belajar dalam kategori tinggi dan sudah mencapai target keberhasilan penelitian. Hasil tersebut juga diperkuat dengan observasi terhadap subjek penelitian yang menunjukkan adanya kemandirian belajar yang meningkat melalui teknik psikodrama. %L UNY69753