%0 Thesis %9 S2 %A Maisaroh, Fiqih %A Farozin, Moh %B Bimbingan dan Konseling %D 2020 %F UNY:69738 %I Program Pascasarjana %K materi bimbingan klasikal, bidang belajar, siswa kelas VII SMP. %T Pengembangan Materi Bimbingan Klasikal Bidang Belajar Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri Kota Yogyakarta. %U http://eprints.uny.ac.id/69738/ %X Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan materi bimbingan klasikal bidang belajar siswa kelas VII di SMP Negeri Kota Yogyakarta menurut ahli materi dan praktisi yaitu guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yang meliputi: analisis kebutuhan, perencanaan produk, pengembangan produk, validasi ahli materi dan praktisi, merevisi, dan menyempurnakan produk akhir. Analisis kebutuhan menggunakan instrument need assessment topik bimbingan dan konseling bidang belajar yang disebarkan di SMP Negeri Kota Yogyakarta sejumlah 353 peserta didik. Instrumen pengumpulan data penelitian menggunakan angket lembar penilaian untuk ahli materi dan praktisi yaitu guru bimbingan dan konseling. Subyek validasi terdiri dari 2 ahli materi dan 13 praktisi yaitu guru bimbingan dan konseling SMP Negeri Kota Yogyakarta. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif oleh validator ahli dalam bidang bimbingan dan konseling dan validator praktisi yaitu guru bimbingan dan konseling serta melaksanakan fokus grup diskusi (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi bimbingan dan klasikal bidang belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri Kota Yogyakarta yang dihasilkan sangat layak digunakan menurut ahli materi dan praktisi yaitu guru bimbingan dan konseling. Hasil validasi 2 ahli bimbingan dan konseling mendapatkan penilaian rata rata sebesar 87% dalam kategori sangat baik dan 13 praktisi yaitu guru bimbingan dan konseling mendapatkan nilai 95,61% dalam kategori sangat baik.