%D 2020 %I Program Pascasarjana %T Pengembangan Modul digital Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa SMP. %A Era Anggela %A Edi Purwanta %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengembangkan modul digital untuk meningkatkan perencanaan karir siswa SMP; (2) Menguji kelayakan modul digital untuk meningkatkan perencanaann karir siswa SMP; (3) Mengetahui keefektifan modul digital untuk meningkatkan perencanaan karir siswa SMP Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Penelitian dilaksanakan kelas VII di SMP Negeri 12 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Modul digital yang dikembangkan tergolong kriteria “ Sangat Layak “ digunakan sebagai media pendukung dalam upaya meningkatkan perencanaan karir siswa SMP berdasarkan hasil penilaian dari Ahli media, media termasuk dalam kategori sangat layak, dengan skor rata-rata 3,25 dan penilaian Ahli materi , Materi termasuk dalam kategori sangat layak, dengan skor rata-rata 3,73. (2). Modul Digital yang digunakan cukup efektif sebagai pendukung kegiatan pembelajaran berdasarkan pengukuran perencanaan karir siswa SMP dengan hasil Pretest-Posttest yang menunjukkan peningkatan untuk perencanaan karir siswa SMP diperoleh n-gain score 0,60 yang termasuk dalam kategori sedang dan N-gain persentase 60,03. Berdasarkan pengkategorian hasil analisis menggunakan gain score dan N-gain persentase maka termasuk dalam kategori sedang dan cukup efektif . Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan modul digital cukup efektif dalam meningkatkan perencanaan karir siswa SMP. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul digital layak dan cukup efektif digunakan untuk meningkatkan perencanaan karir siswa SMP %K Modul digital, Perencanaan karir %L UNY69737