%0 Thesis %9 S2 %A Sigid, Muhamad %A Caly Setiawan, Ph.D., %B Ilmu Keolahragaan %D 2020 %F UNY:69718 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K pendidikan jasmani, kurikulum 2013 %T PENGALAMAN DAN MAKNA IMPLEMENTASI K-13 GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR KABUPATEN PURWOREJO %U http://eprints.uny.ac.id/69718/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengalaman guru pendidikan jasmani sekolah dasar di Kabupaten Purworejo, (2) makna yang mereka bangun berdasar pada pengalaman mereka, dan (3) faktor yang mendukung dan menghambat guru pendidikan jasmani sekolah dasar di Kabupaten Purworejo dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 (K-13). Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi, yang dilaksanakan di sekolah dasar di Kabupaten Purworejo. Sampel sejumlah 10 orang guru ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi pembelajaran, dan studi dokumentasi administrasi pembelajaran, dan dianalisis menggunakan aplikasi Atlas.ti. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pengalaman mencakup perencamaan, pelaksanaan, penilaian, latar belakang pendidik, faktor pendukung dan faktor penghambat. (2) Pengalaman guru pendidikan jasmani sekolah dasar disimpulkan menjadi beberapa makna. Makna ini berisikan tentang perasaan pendidik. Makna yang disimpulkan antara lain senang, susah dan bertahap. Perasaan senang ditimbulkan dari suasana kurikulum yang baru. Perasaan susah diakibatkan oleh penilaian yang detail, terperinci, dan setiap hari. Sarana dan prasarana yang kurang memadai juga menyebabkan perasaan susah. Proses penerapan K-13 dilaksanakan secara bertahap. Proses bertahap dan perasaan senang mendorong penerapan K-13 lebih maksimal. Implementasi K-13 tersebut akan dihambat diantaranya oleh perasaan susah seorang pendidik. (3) Faktor penghambat implementasi K-13 diantaranya susah, sarpras, penilaian rutin, dan penilaian detail. Bertahap, diklat, kelompok kerja guru, dan senang termasuk ke dalam faktor pendukung. %Z Dosen Pembimbing: Caly Setiawan, Ph.D.