%0 Journal Article %@ 978-979-17763-3-2 %A Qohar, Abd. %D 2011 %F UNY:6968 %I HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %J Peran ICT untuk Mendukung Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika %K komunikasi matematis, instrumen komunikasi matematis, pembelajaran matematika %T PENGEMBANGAN INSTRUMEN KOMUNIKASI MATEMATIS UNTUK SISWA SMP %U http://eprints.uny.ac.id/6968/ %X Makalah ini menyajikan tentang pengembangan instrumen untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa SMP.Pengembangan instrumen tersebut merupakan salah satu langkah dari penelitian yang dilakukan oleh punulis.Instrumen yang dibuat harus valid dan reliabel agar kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian yang dilakukan bisa digunakan dengan baik. Langkahlangkah pengembangan instrumen meliputi : (1) studi literatur mengenai komunikasi matematis; (2) membuat kisi-kisi berdasarkan kurikulum, bahan ajar, indikator kemampuan komunikasi matematis, karakteristik pembelajaran yang digunakan, karakteristik dan kemampuan siswa; (3) penyusunan butir tes; (4) validasi muka dan isi; (5) revisi berdasarkan hasil validasi muka dan isi; (6) uji coba; (7) analisis hasil uji coba. Setelah dianalisis maka diperoleh hasil berupa seperangkat instrumen tes komunikasi matematis yang valid dan reliabel, untuk siswa SMP yang terdiri dari 5 butir soal.