%I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2020 %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GEMBONGAN KABUPATEN KULON PROGO %L UNY69661 %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas V SD Negeri Gembongan Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gembongan yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap, yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal, lembar observasi guru, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Gembongan. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari hasil evaluasi tiap siklus yang mengalami peningkatan. Pada pra tindakan, siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 7 orang (22%) dan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 25 orang (78%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 54. Pada siklus I, siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 21 orang (66%) dan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 11 orang (34%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 74. Pada siklus II, siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 27 orang (84%) dan siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 5 orang (16%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 83. Kata Kunci: hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif, make a match %A Septika Dwi Astuti