%D 2020 %L UNY69626 %X Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran permainan kartu PERI GAMA yang layak dan efektif untuk meningkatkan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 2 Gadingharjo Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan modifikasi model Dick & Carey dan 4D Thiagarajan. Langkah-langkahnya meliputi: 1) define, a) mengidentifikasi tujuan umum, b) menganalisis pembelajaran, c) menganalisis karakteristik siswa, d) merumuskan tujuan performasi; 2) design, a) mengembangkan instrumen penilaian, b) mengembangkan strategi instruksional, c) mengembangkan media; 3) develop, a) evaluasi formatif, b) merevisi produk. Uji coba meliputi uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Subyek uji coba yaitu 12 siswa kelas IV SD Negeri 2 Gadingharjo. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) media PERI GAMA dikembangkan dengan modifikasi model Dick & Carey dan 4D Thiagarajan; 2) media PERI GAMA layak untuk digunakan, terbukti dengan hasil validasi ahli materi (3,64) sangat tinggi dan ahli media (3,56) sangat tinggi, hasil uji coba perorangan (3,65) sangat tinggi dan hasil uji coba kelompok kecil (3,8) sangat tinggi; 3) media PERI GAMA efektif untuk meningkatkan membaca pemahaman, terbukti dengan hasil belajar siswa dalam menentukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari suatu paragraf meningkat dari rata-rata skor 53,75 menjadi 86,88 atau sebesar 33,13 setelah menggunakan media. Perhitungan N-Gain diperoleh (0,72) tinggi, sehingga kemampuan media untuk meningkatkan membaca pemahaman tergolong tinggi. Kata kunci: membaca pemahaman, media pembelajaran, permainan kartu PERI GAMA %A Nanda Veruna Enun Kharisma %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN KARTU PERI GAMA (PERSAINGAN MENCARI GAGASAN UTAMA) UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 GADINGHARJO KABUPATEN BANTUL