%X Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan katak berburu untuk meningkatkan kemampuan jumpsmash peserta ekstrakurikuler bulutangkis SMP N 2 Playen.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre- eksperimental dengan bentuk eksperimen pretest-postest group design yaitu eksperimen yang dilakukan hanya pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta esktrakurikuler Bulutangkis SMP N 2 Playen yang berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan total sampling, teknik pengambilan sampel dimana semua individu dalam populasi baik secara sendiri-sendiri atau bersama-sama diberi kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai anggota sampel . Sampel berjumlah 30 atlet putra. Item tes yang akan digunakan untuk penelitian kemampuan jump smash oleh Saleh Anasir (2010:27) ini memiliki validitas 0,926 dari critrion round robin tournament dan reliabilitas 0,90 dari test-retest.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan permainan katak berburu terhadap peningkatan kemampuan jump smash peserta ekstrakurikuler bulutangkis SMP N 2 Playen”, dengan nilai t hitung 6,928 > ttabel (0,05)(29) 2,045, nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 41,81%, sehingga Ha diterima.
%D 2020
%K bulutangkis
%L UNY69585
%A Dhoni Kurniawan Setyadi
%T PENERAPAN PERMAINAN KATAK BERBURU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN JUMPSMASH PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMP N 2 PLAYEN
%I Fakultas Ilmu Keolahragaan
%O Dosen Pembimbing: Drs. Amat Komari, M.Si.