%L UNY69525 %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum Montessori yang terdiri dari: (1) kurikulum di TK Budi Mulia Dua Seturan, (2) perencanaan kurikulum, (3) pelaksanaan kurikulum, (4) proses pembelajaran, (5) faktor penghambat dan pendukung serta solusi, dan (6) luaran kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas di TK Budi Mulia Dua Seturan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan peneliti sebagai instrumen utama. Data dianalisis menggunakan metode analisis data Creswell yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, pengodean data, kategorisasi data, dan penyajian dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan member check. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) TK Budi Mulia Dua Seturan menerapkan Kurikulum Islamic Montessori dalam proses pembelajarannya. (2) Kurikulum disusun dengan mengidentifikasi persamaan dan perbedaan dengan kurikulum Nasional dan dikolaborasikan antara prinsip-prinsip Montessori dengan nilai-nilai agama Islam. (3) Kurikulum Islamic Montessori dilaksanakan dengan mengaplikasikan nilai-nilai agama Islam dalam seluruh standar dalam kurikulumnya. (4) Penyusunan Rencana Pembelajaran dilakukan dengan guru berkolaborasi menyusun rencana pembelajaran selama satu semester. Pembelajaran dilaksanakan dengan 2 kegiatan menggunakan lembar kerja dan 3 kegiatan Montessori. Islamic Montessori dilaksanakan dengan mengkolaborasikan kegiatan Montessori dengan nilai-nilai agama Islam. Nilai-nilai agama Islam dilaksanakan dengan penjelasan dan pembiasaan. Pembelajaran selama pandemi dilaksanakan melalui daring dengan kegiatan Montessori menggunakan alat yang dapat dibawa anak dan atau ada di lingkungan anak. Penilaian dilaksanakan dengan mengisi ceklis pada tiga kategori yaitu, Introduce (belum mampu), working on (mampu), dan master (sangat bagus). Penilaian lainnya dengan catatan harian. (5) Faktor pendukung penerapan kurikulum Montessori adalah lengkapnya sarana prasarana, dan faktor penghambatnya adalah kurangnya penguasaan materi kegiatan oleh guru, dan solusinya adalah dengan mengadakan pelatihan bersama. (6) Pengembangan kurikulum yang dilaksanakan di TK Budi Mulia Dua Seturan akan membantu anak mengembangkan seluruh aspek perkembangannya secara optimal dengan kegiatan yang menyenangkan dan bervariasi sesuai dengan kaidah agama Islam. Kata Kunci: kurikulum Islamic montessori, pembelajaran montessori, pengembangan kurikulum %A Endah Windiastuti %A Yoyon Suryono %K kurikulum Islamic montessori, pembelajaran montessori, pengembangan kurikulum %D 2020 %I Pascasarjana UNY %T Pengembangan Kurikulum Islamic Montessori Curriculum (Studi Kasus Implementasi Kurikulum Montessori di TK Budi Mulia Dua Seturan).