<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Studi Kasus Implementasi Pendidikan Kewirausahaan bagi\r\nTunarungu Jenjang Pendidikan Menengah."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan proses perencanaan,\r\npelaksanaan, dan penilaian pendidikan kewirausahaan bagi anak tunarungu jenjang\r\nsekolah menengah di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Cilacap, khususnya dalam\r\nkompetensi terampil wirausaha.\r\nPenelitian ini merupakan studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu empat guru\r\ndan satu kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan\r\nobservasi. Data analisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan langkah\r\nyang dikemukakan Creswell dan Poth. Langkah yang digunakan yaitu\r\npengorganisasian data, mereduksi data menjadi tema, dan mempresentasikan data.\r\nKeabsahan data diperoleh melalui triangulasi dan member checking.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan dilakukan\r\npada pelajaran keterampilan dan ekstrakulikuler kewirausahaan. Langkah pendidikan\r\nmeliputi: 1) Perencanaan: Kegiatan perencanaan diawali dengan memasukkan\r\npendidikan kewirausahaan dalam RPS, kemudian membentuk tim guru pengampu\r\ndan mengadakan rapat bersama kepala sekolah untuk membahas asesmen, materi,\r\nmedia, anggaran, serta pembagian tugas guru. Perencanaan pendidikan\r\nkewirausahaan juga dikaitkan dengan kompetensi terampil wirausaha yaitu terampil\r\npemasaran, terampil mengelola sumber daya, terampil mengambil peluang, terampil\r\ninterpersonal, terampil belajar, dan terampil berstrategi. 2) Pelaksanaan: Pelaksanaan\r\npendidikan dengan berdasarkan kompetensi terampil wirausaha. Guru berperan\r\nsebagai pendamping, pembimbing, dan rekan diskusi anak tunarungu. Guru mengajak\r\nanak tunarungu untuk mendalami wirausaha dari berbagai sumber termasuk\r\nmengenali produk kompetitor, survei kebutuhan masyarakat hingga mendorong cara\r\nmelakukan pelayanan yang baik bagi pembeli. 3) Penilaian: Pendidikan\r\nkewirausahaan tidak masuk dalam pembelajaran formal, namun dijadikan\r\nekstrakurikuler. Sehingga program dinilai efektivitas kegiatannya, untuk menentukan\r\npengembangan materi pendidikan selanjutnya. Sedangkan penilaian untuk anak\r\ntunarungu berupa umpan balik."^^ . "2020-07-16" . . . "Pascasarjana UNY"^^ . . . "Pendidikan Luar Biasa, Pascasarjana UNY"^^ . . . . . . . . . . . . "Nur"^^ . "Azizah"^^ . "Nur Azizah"^^ . . "Erbi"^^ . "Bunyanuddin"^^ . "Erbi Bunyanuddin"^^ . . . . . . "Studi Kasus Implementasi Pendidikan Kewirausahaan bagi\r\nTunarungu Jenjang Pendidikan Menengah. (Text)"^^ . . . "Studi Kasus Implementasi Pendidikan Kewirausahaan bagi\r\nTunarungu Jenjang Pendidikan Menengah. (Other)"^^ . . . . . . "Studi Kasus Implementasi Pendidikan Kewirausahaan bagi\r\nTunarungu Jenjang Pendidikan Menengah. (Other)"^^ . . . . . . "Studi Kasus Implementasi Pendidikan Kewirausahaan bagi\r\nTunarungu Jenjang Pendidikan Menengah. (Other)"^^ . . . . . . "Studi Kasus Implementasi Pendidikan Kewirausahaan bagi\r\nTunarungu Jenjang Pendidikan Menengah. (Other)"^^ . . . . . . "Studi Kasus Implementasi Pendidikan Kewirausahaan bagi\r\nTunarungu Jenjang Pendidikan Menengah. (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #69524 \n\nStudi Kasus Implementasi Pendidikan Kewirausahaan bagi \nTunarungu Jenjang Pendidikan Menengah.\n\n" . "text/html" . . . "Pasca Sarjana" . . . "Pendidikan Luar Biasa" . .