%T PROSES PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED PADA MATA KULIAH STATISTIK NONPARAMETRIK (PENERAPAN STRATEGI INSTANT ASSESSMENT, INDEX CARD MATCH, PRACTICE REHEARSAL PAIRS, DAN CASE STUDY) %I Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta %J PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA %D 2008 %A Susanti Yuliana %X Mata kuliah Statistik Nonparametrik merupakan salah satu mata kuliah pilihan bidang statistika yang diberikan pada semester IV. Standar kompetensi mata kuliah Statistik Nonparametrik adalah menerapkan teknik nonparametrik untuk menganalisis data baik secara manual maupun dengan paket program Minitab dan SPSS, dan membuat interpretasi dari hasil analisis data. Aspek yang dikembangkan adalah pembelajaran student centered dengan menggunakan strategi instant assessment, index card match, practice-rehearsal pairs, dan case study. Instant assessment adalah strategi menarik yang dapat digunakan untuk memotivasi mahasiswa untuk aktif sejak awal perkuliahan, index card match digunakan untuk mereview materi yang telah dibahas, practice-rehearsal pairs merupakan strategi sederhana untuk mempraktekkan dan melatih suatu ketrampilan atau prosedur dengan teman atau kelompok lain, dan case study adalah strategi yang banyak digunakan di berbagai bidang dan merupakan salah satu metode pembelajaran terbaik. Berdasarkan evaluasi penerapan metode pembelajaran diperoleh kesimpulan bahwa metode student centered dengan strategi instant assessment, index card match, practice-rehearsal pairs, dan case study dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Selain itu, strategi-strategi yang diterapkan juga dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan, meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat, serta merangsang daya pikir dan sifat kritis mahasiswa. Kata kunci: instant assessment, index card, practice-rehearsal pairs, case study %L UNY6946