%0 Thesis %9 S1 %A Rais, Ainun %A Yuyun Ari Wibowo, M.Or., %B Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi %D 2020 %F UNY:69455 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K pengetahuan, guru penjas, penjas adaptif %T TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENJAS TENTANG PEMBELAJARAN PENJAS ADAPTIF DI SEKOLAH DASAR INKLUSI Se-SLEMAN BARAT DI TAHUN 2019/2020 %U http://eprints.uny.ac.id/69455/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan guru penjas sekolah dasar inklusi se-Sleman Barat terhadap pembelajaran penjas adaptif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, Subjek penelitian yang digunakan adalah guru pendidikan jasmani yang berada sekolah dasar inklusi se-Sleman Barat yang berjumlah 5 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan skala likert, sedangkan uji validitas dengan korelasi setiap faktor menggunakan bantuan program SPSS 20 dengan teknik korelasi Pearson Product Moment, diketahui dari 30 soal tidak terdapat soal yang gugur, sehingga tes yang digunakan dalam penelitian tetap sebanyak 30 soal. Hasil uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh sebesar 0,767 sehingga dinyatakan reliabel. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas diperoleh tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani tentang pembelajaran penjas adaptif di SD inklusi se-Sleman Barat tahun 2020 yang masuk pada kategori sangat tinggi sebesar 20 % (1 orang), pada kategori tinggi sebesar 0%, pada kategori cukup sebesar 40% (2 orang), kategori rendah sebesar 40% (2 orang) dan kategori sangat rendah sebesar 0%.