%I Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
%D 2020
%L UNY69379
%T MENINGKATKAN KEMAMPUAN KLASIFIKASI MELALUI  MEDIA BAHAN ALAM PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN  DI TK ABA BUSURAN
%A Rahmawati Septika Cahya
%X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi melalui media  bahan  alam  pada  anak  usia  4-5  tahun  di  TK  ABA  Busuran.  Hal  ini dikarenakan pada kemampuan klasifikasi kurang masksimal mengingat pentingnya kemampuan ini untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.  
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas  (Classroom  action research)  yang  dilakukan  secara  kolaborasi  dengan  desain  penelitian  Kemmis  & Taggart.  Subjek  penelitian  ini  adalah  12  anak  didik  yaitu  7  laki-laki  dan  5 perempuan.  Objek  penelitian  ini  yaitu  kemampuan  klasifikasi  anak.  Teknik pengumpulan data menggunakansi observasi. Teknik analisis data dilakukan secara  deskriptif  kualitatif dan kuantitatif.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan klasifikasi pada anak usia 4-5 tahun mengalami peningkatan melalui media bahan alam. Perolehan presentase rata-rata pratindakan sebanyak 42,23% termasuk dalam kategoti cukup, mengalami peningkatan  pada  siklus  I  menjadi  59,45%  masuk  dalam  kategori  cukup  dan meningkat  pula  pada  siklus  II  yaitu  menjadi  84,20%  termasuk  dalam  kategori sangat  baik.  Penggunaan  bahan  alam  mampu  meningkatkan  kemampuan klasifikasi,  adapun  langkah  penggunaan  bahan  alam  untuk  kegiatan    klasifikasi adalah  (1)  mengenali  ciri  objek  bahan  alam  yang  sudah  disediakan  ,  sebelum kegiatan mengklasifikasi, anak diperlihatkan dahulu pada bendanya sebagai objek, (2)  melihat  persamaan  dan  perbedaan  objek  bahan  alam  yang  disediakan,  (3) memilah  atribut  sebagai  dasar  klasifikasi  misalkan  warna,  bentuk,  ukuran  atau  2 atribut sekaligus. Media bahan alam memiliki pengaruh besar dalam pembelajaran klasifikasi pada anak usia 4-5 tahun di TK ABA Busuran.  
  Kata kunci: Kemampuan klasifikasi, Media bahan alam