%D 2020 %I Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta %L UNY69376 %T IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN SE GUGUS IV KECAMATAN PANDAK, BANTUL, YOGYAKARTA %A ‘Aisyah Hindun Nur %X Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data idetntifikasi kemampuan berpikir simbolik anak-anak kelompok B di TK Gugus IV Kecamatan Pandak, Bantul, Yogyakarta. TK. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 110 anak, yang terdiri dari 7 TK yaitu TK ABA Tegallayang 1, TK PKK 82 Kuroboyo, TK PKK 12 Glagahan, TK PKK 47 Ekapratiwi, TK KK LKMD Tunjungan, TK ABA Gluntung dan TK ABA Putra Fajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dengan menggunakan checklist. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir simbolik pada anak Kelompok B di TK Gugus IV Kecamatan Pandak, Bantul, Yogyakarta termasuk dalam kategori mulai berkembang dengan persentase nilai 49,3%. Persentase tersebut didapat dari indikator menunjukkan lambang bilangan 1-10 sebesar 49,7% kriteria MB, melingkari angka lambang bilangan sesuai dengan jumlah benda sebesar 48,6% kriteria MB, menghitung benda menggunakan bilangan sebesar 50,2% kriteria MB, mampu mengelompokkan benda sesuai dengan jumlah bilanganya sebesar 50% kriteria MB, mencocokkan lambang huruf vokal dan konsonan sesuai dengan benda sebesar 48,63% kriteria MB, mampu menggunakan huruf untuk mengenal dirinya sebesar 49% kriteria MB, mampu membedakan lambang huruf vokal dan konsonan sebesar 48,1% kriteria MB, mampu menebalkan huruf terputus-putus sebesar 49,7% kriteria MB, mengkelompokan gambar sesuai dengan jenis yang sama, sebesar 49,7% kriteria BB, mengekelompokan benda sesuai dengan namanya sebesar 50,6% kriteria MB, mampu menulis sesuai dengan nama gambar sebesar 48,8% kriteria MB. Kata Kunci: Berpikir Simbolik, Kemampuan, dan TK kelompok B.