eprintid: 69375
rev_number: 7
eprint_status: archive
userid: 1190
dir: disk0/00/06/93/75
datestamp: 2020-10-19 07:46:52
lastmod: 2020-10-19 07:46:52
status_changed: 2020-10-19 07:46:52
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Metri Utami, Krahayon
creators_id: paud@uny.ac.id
title: PENANAMAN NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP ANAK DI KELOMPOK B TK KHALIFAH WIROBRAJAN
ispublished: pub
subjects: pssd_pgpaud
divisions: fip_paud
full_text_status: restricted
abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penanaman nilai-nilai entrepreneurship di TK Khalifah Wirobrajan; (2) Faktor pendukung; (3) Faktor penghambat; dan (4) Cara mengatasi permasalahan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian naratif. Sumber data penelitian yaitu Kepala TK Khalifah Wirobrajan, Guru, Orang Tua dan Peserta Didik. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penanaman nilai-nilai entrepreneurship di TK Khalifah Wirobrajan dilakukan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Tahap perencanaan yaitu memasukkan nilai-nilai entrepreneurship dalam menyusun Kurikulum, Program Semester, RPPM, RPPH, serta Penilaian Perkembangan. Tahap pelaksanaan yaitu kegiatan terprogram dan kegiatan pembiasaan, meliputi: kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian, dan budaya lembaga. Tahap penilaian menggunakan instrumen penilaian yaitu observasi, percakapan, penugasan, unjuk kerja, hasil karya, anekdot, dan portofolio; (2) Nilai kerjasama dan kreatif menjadi nilai utama penanaman nilai-nilai entrepreneurship yang telah ditanamkan dan berhasil dicapai; (3) Faktor pendukung: kurikulum memuat materi tauhid entrepreneurship; kerjasama berbagai pihak; sarana dan prasarana; metode; media; pembiasaan dan keberlanjutan di sekolah dan rumah; (4) Faktor penghambat: karakterristik dan kemampuan anak berbeda; anak masih mudah berubah sikapnya; pembiasaan di rumah dan sekolah berbeda; tingkat pendidikan keluarga; serta fokus perhatian guru tidak merata karena banyaknya siswa; dan (5) Cara mengatasi permasalahan: kerjasama berbagai pihak; guru bersabar mendidik anak; orang tua dan guru saling berkomunikasi atau berkonsultasi; serta kegiatan parenting.

Kata kunci: Penanaman nilai-nilai entrepreneurship, TK Khalifah Wirobrajan
date: 2020-10-13
date_type: published
institution: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta
department: Jurusan PAUD
thesis_type: skripsi
citation:   Metri Utami, Krahayon  (2020) PENANAMAN NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP ANAK DI KELOMPOK B TK KHALIFAH WIROBRAJAN.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/69375/1/Skripsi_Metri%20Utami%20Krahayon_14111244009_PG%20PAUD_1.pdf