@phdthesis{UNY69361, year = {2020}, month = {September}, author = {Muarifah Churnia Elsa}, title = {PERANAN GURU DALAM MEMBANGUN SIKAP PERCAYA DIRI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ABA TLOGO KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN KLATEN}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/69361/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peranan Guru dalam Membangun Sikap Percaya Diri Pada Anak Kelompok B di TK ABA Tlogo Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Peranan guru dalam penelitian adalah peranan guru sebagai fasilitator, motivator, pendidik, pengajar, pembimbing dan evaluator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di TK ABA Tlogo Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten dengan subjek penelitian adalah 5 guru kelompok B. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peranan guru dalam membangun sikap percaya diri anak adalah sebagai fasilitator dengan menyediakan media belajar, sebagai motivator dengan memberikan kalimat motivasi dan reward kepada anak, sebagai pendidik dengan menjadi teladan dan memberi contoh, sebagai pengajar merencakan, melaksanakan dan menilai kegiatan belajar anak, sebagai pembimbing dengan membiarkan anak bermain bebas dengan pengawasan dan memberikan pengertian kepada anak serta melakukan pembiasaan sikap percaya diri, dan sebagai evaluator dengan melakukan komunikasi kepada orangtua serta bekerjasama antar guru. Hasil dari penelitian juga menunjukkan bahwa faktor pendukung guru dalam membangun sikap percaya diri anak adalah dengan adanya sikap orangtua yang kooperatif, tersedianya fasilitas yang memadai serta karakter anak yang mudah dibimbing, sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya orangtua yang sibuk dan karakter anak yang pemalu. Kata kunci: peranan guru, percaya diri, anak} }