%I Fakultas Ilmu Pendidikan %A Ulfa Nur Fitriana %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran scramble terhadap minat belajar muatan IPS peserta didik kelas V SD Gugus V Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini peserta didik kelas V SD Gugus V Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta dengan sampel dari SD Negeri Golo sebagai kelompok eksperimen berjumlah 28 peserta didik dan SD Khatolik Sang Timur sebagai kelompok kontrol berjumlah 30 peserta didik. Objek penelitian ini adalah minat belajar pada muatan IPS. Pengumpulan data penelitian menggunakan skala minat belajar dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa skala minat belajar pada muatan IPS. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan uji independent t-test yang sebelumnya telah melalui uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh motode pembelajaran scramble tehadap minat belajar muatan IPS peserta didik kelas V SD Gugus V Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji independent t-test menunjukkan nilai |t hitung |=3,790 > ttabel = 2,00 dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Rata-rata pretest kelompok kontrol sebesar 53,43 sementara rata-rata postest sebesar 50,87 sedangkan rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 57,39 sementara rata-rata postest sebesar 58,64. Hal tersebut menunjukkan bahwa minat belajar peserta didik menggunakan metode scramble lebih tinggi daripada metode diskusi kelompok. Kata kunci: metode scramble, minat belajar, muatan IPS. %T PENGARUH METODE SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR MUATAN IPS PESERTA DIDIK KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA %D 2020 %L UNY69350