TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/69345/ ID - UNY69345 M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN RUBRIK PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTORIK PEMBELAJARAN ATLETIK START JONGKOK UNTUK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS AV - public KW - Rubrik penilaian KW - Aspek Psikomotorik KW - Pembelajaran Atletik PB - Fakultas Ilmu Keolahragaan A1 - Fathurrahman, Fito Abdi Y1 - 2020/// N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan rubrik penilaian ranah psikomotorik pembelajaran atletik start jongkok untuk tingkat Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan berdasarkan data kualitatif dan data kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PJOK dan peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pendahuluan teknik pengumpulan data ialah wawancara. Teknik pengumpulan data pengembangan produk saat validasi ahli menggunakan teknik CVR. Teknik pengumpulan data uji coba di lapangan (skala kecil dan skala besar) menggunakan instrumen yang telah disusun. Hasil penelitian diperoleh pada uji coba kelompok kecil koefisien reliabilitas sebesar 0,861, pada uji coba kelompok besar diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,779. Validasi isi melibatkan tujuh ahli untuk melakukan penilaian terhadap isi dari instrumen rubrik penilaian aspek psikomotorik pembelajaran atletik yaitu sebesar 0,959 sehingga dapat dikatakan bahwa instrumen sangat sesuai untuk digunakan sebagai penilaian aspek psikomotorik pembelajaran atletik start jongkok untuk tingkat Sekolah Menengah Atas. ER -