TY - THES A1 - Restapi, Tunjung PB - Fakultas Ilmu Pendidikan N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter komunikatif siswa menggunakan metode tutor sebaya pada siswa kelas IV di SD Negeri 1 Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang meliputi langkah-langkah (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan pengukuran (4) refleksi. Subjek penelitian yakni siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi dan angket yang akan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter komunikatif siswa kelas IV SD Negeri 1 Pengasih dapat ditingkatkan melalui metode tutor sebaya. Proses pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya dengan langkah-langkah: 1) menentukan siswa yang layak menjadi tutor, 2) guru mempersiapkan materi dan menjelaskan secara umum kepada siswa, 3) menempatkan tutor pada setiap kelompok, 4) diskusi dalam kelompok dengan tutor sebagai narasumber utama, 5) siswa yang memiliki kebutuhan khusus akan diberikan bantuan oleh guru secara mandiri, 6) tutor bekerja sama dengan guru untuk berdiskusi ketika belum mampu menjawab pertanyaan dari anggota kelompok, 7) siswa diberikan waktu untuk mengemukakan hasil diskusi didepan kelas. Hasil peningkatan karakter komunikatif dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan karakter komunikatif siswa dari pra tindakan ke siklus I yakni sebesar 64,5% menjadi 75,4%, sedangkan karakter komunikatif siswa pada siklus II meningkat menjadi 86,0% dengan kategori tinggi. Kata kunci: karakter, komunikatif, tutor sebaya, dan tematik Y1 - 2020/10/19/ UR - http://eprints.uny.ac.id/69344/ AV - restricted TI - PENINGKATAN KARAKTER KOMUNIKATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS IV DI SD N 1 PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO M1 - skripsi ID - UNY69344 ER -