%0 Thesis %9 S2 %A Putrajip, Mohamad Yudisa %A Retnowati, Trie Hartiti %B Pendidikan Seni %D 2019 %F UNY:69342 %I Program Pascasarjana %K Wayang ukur Panakawan, Nilai Edukatif, Pembelajaran, Seni Budaya. %T Nilai Edukatif Wayang Ukur Panakawan Karya Sigit Sukasman dan Implementasinya Pada Pembelajaran Seni Budaya Kelas X Sma. %U http://eprints.uny.ac.id/69342/ %X Penelitian Bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Mendeskripsikan makna yang terkandung dalam bentuk Wayang Ukur Panakawan karya Sigit Sukasman (2) Mendiskripsikan nilai-nilai edukatif dalam Wayang Ukur Panakawan karya Sigit Sukasman; dan (3) Mengimplementasikan nilai-nilai eduaktif dalam Wayang Ukur Panakawan karya Sigit Sukasman bagi pembelajaran Seni Budaya SMA. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan Pendekatan semiotika. Setting penelitian ini adalah Pondok Seni Wayang Ukur. Pondok Seni Wayang Ukur berada di Kota Yogyakarta. Data diperoleh melalaui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data penelitian ini dianalisis menggunkan teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penrikan kesimpulan. Hasil penlitian ini ialah sebagai berikut. (1) Makna dalam bentuk Wayang Ukur Panakawan Semar sebagai citra guna, Gareng sebagai citra cipta, Petruk sebagai citra rasa, dan Bagong sebagai citra karya (2) Nilai-nilai edukatif Wayang ukur Panakawan terkandung pada watak, bentuk tubuh, dan aksesoris tokoh Panakawan wayang ukur; seperti religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas dan (3) Nilai edukatif wayang Ukur Panakawan dapat diterapkan pada pembelajaran Seni Budaya SMA khususnya kelas X pada rencana pelekasaan pembelajaran.