%L UNY6926 %J PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA %D 2008 %T MENGEMBANGKAN BOARD GAME LABIRIN MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS RENDAH GUNA MENGHINDARI MIND IN CHAOS TERHADAP MATEMATIKA %A Fathurrohman Maman %A Nindiasari Hepsi %A Rahayu Ilmiyati %I Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta %X Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang penting bagi siswa di sekolah. Hanya sayangnya banyak siswa yang beranggapan bahwa materi pembelajaran matematika adalah materi yang sulit dan tidak menyenangkan. Mengacu pada Buxton (1984 :1) and (1984 :85) kondisi ini terjadi karena adanya mind in chaos yaitu suatu kekacauan fikiran terhadap sesuatu tertentu (dalam hal ini adalah matematika). Dan upaya mengatasi hal tersebut adalah melalui pengalaman dan kegiatan (aktivitas) yang bisa memberikan gambaran yang baik dan positif terhadap sesuatu yang mengacaukan fikiran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R & D (Research and Development). Dimana prosesnya dibagi dalam tiga fase yaitu : 1). Pre-Research (Survey), 2). Development (Including expert judgement and field test experiments), dan 3). Impact factor. Hasil penelitian adalah dikembangkannya board game labirin matematika yang secara signifikan diharapkan bisa memberikan pengalaman yang baik dan positif bagi siswa Keywords : R & D, mind in chaos, board game