TY - JOUR A1 - Hidayati, Hidayati PB - Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta TI - MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI POKOK ALJABAR DAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS 7C SMPN I PRINGSURAT TAHUN PELAJARAN 2008/2009 SN - 978-979-16353-1-8 AV - public ID - UNY6924 Y1 - 2008/// JF - PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UR - http://www.uny.ac.id N2 - Bagi rata-rata peserta didik di Indonesia,matematika dengan pembelajarannya yang bersifat deduktif aksiomatik acapkali menyulitkan dan tidak mudah dicerna oleh pemahaman peserta didik.Oleh karena itu harus ada model pembelajaran yang dapat dipilih sebagai satu alternatif dari model-model pembelajaran yang lain. Student Teams Achievemen Division(STAD) adalah sebuah aplikasi dari Pembelajaran Kooperatif seperti yang lainnya yaitu:Jigsaw,Group Investigation Tehnique,Structured Controversy,Team Goul Tornament,Numbered Heads Together dan yang lain-lainnya.STAD merupakan salah satu pembelajaran kelompok yang telah banyak diterapkan antara lain karena sederhana,mudah diterapkan,populer di kalangan ahli pendidikan matematika sebab paling awal ditemukan. STAD memberikan kesempatan kepada masing-masing peserta didik untuk bertanggung jawab secara individual maupun kelompok.Dengan difasilitasi oleh STAD diharapkan interaksi yang terjalin mampu mendorong peserta didik satu sama lain didalam penguasaan materi pelajaran yang disajikan dan saling mendorong untuk menumbuhkan sebuah kesadaran bahwa kebersamaan dalam belajar mampu memberikan makna pembelajaran aktif yang menyenangkan yang penuh rasa kolegial antara peserta didik dan guru. Key Words:Deduktif Aksiomatik,STAD,Kolegial. ER -