%T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK CANGKRIMAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP N 5 DEPOK %D 2018 %I Universitas Negeri Yogyakarta %L UNY69201 %A Mega Kusuma Handayani %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan langkah-langkah membuat media pembelajaran scrapbook cangkriman, (2) menjelaskan hasil validasi penilaian dari dosen ahli tentang media pembelajaran scrapbook cangkriman, dan (3) menjelaskan hasil penilaian dan pendapat dari guru bahasa Jawa tentang media pembelajaran scrapbook cangkriman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) meliputi 4 tataran yaitu studi awal penelitian, desain, pengembangan, dan validasi. media pembelajaran scrapbook ini dilakukan uji validasi oleh dosen ahli dan guru bahasa Jawa di SMP N 5 Depok. Uji validasi oleh dosen ahli dilakukan dengan 2 kali tataran. Hasil uji validasi oleh dosen ahli pada tataran I menunjukkan bahwa media pembelajaran scrapbook memperoleh nilai 81,4 % masuk pada kategori sangat baik. Sedangkan hasil uji validasi oleh dosen ahli pada tataran II menunjukkan bahwa media pembelajaran scrapbook memperoleh nilai 84,3% masuk pada kategori sangat baik. Hasil uji validasi oleh guru bahasa Jawa menunjukkan bahwa media pembelajaran scrapbook memperoleh nilai 95,5% masuk pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media scrapbook cangkriman yang dikembangkan pada siswa kelas VII SMP N 5 Depok sangat layak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa pada materi cangkriman.