eprintid: 69181 rev_number: 22 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/06/91/81 datestamp: 2020-10-06 03:46:30 lastmod: 2020-10-06 03:46:30 status_changed: 2020-10-06 03:46:30 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lestari, Dwi creators_name: Prasetyo, Zuhdan Kun title: Pengembangan Electronic Module IPA Berbasis Inkuiri untuk Memfasilitasi Keterampilan Proses Sains dan ICT Literacy. ispublished: pub subjects: ipa divisions: pps_sains full_text_status: public keywords: e-module IPA, ICT literacy, inkuiri, keterampilan proses sains abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan e-module IPA berbasis inkuiri yang layak digunakan sebagai suplemen bahan ajar dan diharapkan dapat memfasilitasi keterampilan proses sains dan ICT literacy peserta didik secara efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Pengembangan e- module IPA dilakukan melalui tahap analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, dan penyebarluasan produk. Tahap pengembangan terdiri dari tahap uji ahli dan uji coba, baik dalam uji coba skala terbatas maupun uji coba di kelas pembelajaran. Kelayakan produk diketahui dari hasil penilaian ahli materi dan ahli media dengan didukung hasil penilaian kepraktisan oleh guru. Tahap uji coba dilaksanakan di SMP N 6 Temanggung. Subjek uji coba skala terbatas terdiri dari sembilan peserta didik kelas VIII. Subjek uji coba di kelas pembelajaran terdiri dari 32 peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Uji coba di kelas pembelajaran menggunakan pretest-posttest control group design. Pembelajaran di kelas eksperimen menerapkan e-module IPA berbasis inkuiri yang dikembangkan, sedangkan pembelajaran di kelas kontrol menggunakan buku Siswa IPA yang biasa digunakan oleh guru. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda beralasan untuk menilai keterampilan proses sains dan lembar observasi untuk menilai keterampilan proses sains dan ICT literacy peserta didik. Intrumen non-tes berupa lembar angket untuk mengetahui kelayakan produk, kepraktisan produk, keterbacaan produk, dan ICT literacy peserta didik. Analisis data menggunakan uji deskriptif, uji independet sample t-test dengan nilai taraf signifikansi 0,05, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) e-module IPA berbasis inkuiri yang dikembangkan layak untuk digunakan, (2) e-module IPA berbasis inkuiri dapat memfasilitasi keterampilan proses sains peserta didik, dan (3) pembelajaran menggunakan e-module IPA berbasis inkuiri dapat memfasilitasi ICT literacy peserta didik. Mengacu pada hasil tersebut maka e-module IPA yang dikembangkan dapat menjadi salah satu alternatif suplemen bahan ajar IPA yang layak digunakan untuk memfasilitasi keterampilan proses sains peserta didik SMP. Suplemen e-module IPA yang dikembangkan juga mendukung penguasaan keterampilan abad 21 yaitu ICT literacy. date: 2019-11-26 date_type: published institution: Program Pascasarjana department: Pendidikan Sains thesis_type: tesis referencetext: Abd-El-Khalick, F., Boujaoude, S., Duschl, R., Lederman, N. G., Mamlok- Naaman, R., Hofstein, A., Tuan, H. L. (2004). Inquiry in science education: International perspectives. Science Education, 88(3), 397–419. https://doi.org/10.1002/sce.10118 Abott, J. A. & Faris, S. E. (2000). Integrating Technology into Preservice Literacy Instruction: A Survey of Elementary Education Student’s Attitude Towards Computers. Journal of Research on Computing in Education, 33, 149-161 Ahsan, A., & Supahar, S. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di MAN Yogyakarta 1. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(6), 351–360. Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing The Reliability and Validity of Ratings. In Educational and Psychological Measurement. Retrived from http://epm.sagepub.com Agustina, N. K. D., Damayanthi, L. P. E., Sunarya, I. M. G., & Putrama, I. M. (2015). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) Universitas Pendidikan Ganesha, 4(5), 3–4. https://doi.org/10.23887/jptk.v13i2.8526 Aktamis, H., & Ergin, O. (2008). The Effect of Scientific Process Skills Education on Students’ Scientific Creativity, Science Attitudes and Academic Achievements. AsiaPacific Forum on Science Learning and Teaching, 9(1), 21. Retrived from http://search.proquest.com/docview Angeli, C., & Valanides, N. (2009). Computers & Education Epistemological and methodological issues for the conceptualization, development, and assessment of ICT–TPCK : Advances in technological pedagogical content knowledge (TPCK). Computers & Education, 52 (1), 54–168 https://doi.org/10.1016/j.compedu.2008.07.006 Aydnlli, E., Dökme, I., Ünlü, Z. K., Öztürk, N., Demir, R., & Benli, E. (2011). Turkish elementary school students’ performance on integrated science process skills. In Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.320 Banchi, H., & Bell, R. (2008). The Many Levels of Inquiry. Science and Children. https://doi.org/10.1111/j.1600-065X.2008.00760.x.SHP-1 Becker, L. A. (2000). Effect Size (ES) Measures for Two Independent Groups. 132 Retrived from http://web.uccs.edu/lbecker/Psy590/es.htm Borich, G., Hao, Y., & Aw, W. L. (2006). Inquiry-based learning: A practical application. In A.C. Ong & G.D. Borich (Eds.). Teaching strategies that promote thinking: Models and curriculum approaches. Singapore: McGraw- Hill BSNP. (2014). Intsrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan. Retrived from http://bsnp- indonesia.org/2014/05/28/instrumen-penilaian-buku-teks-pelajaran-tahun- 2014/ Budiati, H., Sugiyarto, & Sarwanto. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Prediction, Observation, and Explanation) Menggunakan Eksperimen Sederhana dan Eksperimen Terkontrol Ditinjau dari Keterampilan Metakognitif dan Gaya Belajar Terhadap Keterampilan Proses Sains. Prosiding Seminar Biologi, 9(1), 149–157. Caliskan, S., & Bicen, H. (2016). Determining the Perceptions of Teacher Candidates on the Effectiveness of Moodle Used in Flipped Education. Procedia Computer Science, 102, 654–658. Carin, A. A. (1997). Teaching Science through Discovery (8th ed.). New Jersey: Prentice Hall. Chiapetta, E. L. & Koballa, T.R. (2010). Science Instruction In The Middle and Secondary School. Boston: Allyn & Bacon. Colburn, A. (2000). An Inquiry Primer. Science Scope, 23(6), 42–44. Retrived from http://0-search.ebscohost.com.umaclib3.umac.mo Colvill, M. & Pattie, I. (2002). The Building Blocks for Scientific Literacy. Australian Primary & Junior Science Journal, 18(3), 20-30 Darmawan, D., & Bariyah, S. H. (2014). Pengembangan E-Learning berbasis Moodle dan Facebook pada Mata Pelajaran TIK. Jurnal Teknodik, 18(3), 227–240. Direktorat Tenaga Kependidikan.(2008). Penulisan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Dewi, A. P., Sarwanto, & Prayitno, B.A. (2014). Pengembangan Modul IPA Terpadu untuk SMP/ MTs Berbasis Eksperimen pada Tema Fotosintesis untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inkuiri, 3(1), 30- 40. Eliana, E. D. S., Senam, Wilujeng, I., & Jumadi. (2016). The effectiveness of project-based e-learning to improve ICT literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 51–55. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5789 133 Hake, R. R. (1999). Analizing Change/ Gain Scores. Retrived from http://www.physics.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-gain.pdf. International ICT Literacy Panel. (2002). Digital Transformation: A Framework for ICT Literacy. A Report of the International ICT Literacy Panel. Educational Testing, 1. Diambil dari http://www.ets.org/research/ictliteracy Jannah, L., Nur, M., & Suyono. (2016). Desain Bahan Ajar Materi Gelombang dan Bunyi Model Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6 (1), 1196-1203 Joyce, B., Well, M., & Calhourn, E. (2000). Models of Teaching (6th ed.). Boston: Alyyn & Bacon Kereluik, K., Mishra, P., Fahnoe, C., Terry, L., & Karr, J. A. (2013). What knowledge is of most worth: teacher knowledge for 21. Journal of Digital Learning in Teacher Education. Kirschner, P. A., Sweller, J., & Clark, R. E. (2006). Why Minimal Guidance During Instruction Does Not Work. Educational Psychologist, 41(March 2015), 87–98. https://doi.org/10.1207/s15326985ep4102 Korat, O. & Shamir, A. (2008). The Educational Electronic Book As A Tool For Supporting Children’s Emergent Literacy in Low Versus Middle SES Groups. Computer&Education,50(1), 110-124 Lennon, M., Kirsch, I., Von Davier, M. Wagner, M., & Yamamoto, K. (2003). Feasibility Study for the PISA ICT Literacy Assessment, Report to Network A. Educational Testing Service: America Mariana, I. M. A. & Praginda, W. (2009). Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Bandung: PPPPTK IPA Miller, M.D., Linn, R.L., & Gronlund, N. E. (2009). Measurement and Assessment in Teaching (10th ed.). New Jersey: Pearson Education, Inc. Mulyasa, H. E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press. Muskania, R. T., & Wilujeng, I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project-based Learning untuk Membekali Foundational Knowledge dan Meningkatkan Scientific Literacy. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 34–43. Nugroho, F. A. S. M. (2009). Upaya Meningkatkan Kecakapan Akademik (Academic Skills) Pada Pembelajaran IPA/ Fisika Materi Pemisahan 134 Campuran Menggunakan Problem Based Instruction (PbI). Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan IPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 15–21. Yogyakarta. Nurmayanti, F., Bakri, F., & Budi, E. (2015). Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Strategi PDEODE pada Pokok Bahasan Teori Kinetik Gas untuk Siswa Kelas XI SMA, 2015(Snips), 2013–2016. Nurwahidah, Wilujeng, I, Jumadi, & Senam. (2017). The Effect of Project Based Learning Model with Android on Scientific Literacy and Digital Equipedness/ ICT Literacy. International Journal of Science: Basic and Applied Research, 36 (7), 190-205 Olson, S. (2011). Inquiry and The National Science Education Standards, A Guide for Teaching and Learning (C. on D. of an A. to the N. S. E. S. of S. Inqury, Ed.). (Terjemahan Ismunandar). Bandung: SEMAO QITEP in Science. (Edisi asli diterbitkan tahun 2000 oleh National Research Council, Washington DC) Ozgelen, S. (2012). Students Science Process Skills within A Cognitive Domain Framework. EURASIA Journal of Mathematic, Science, & Technology Education, 8 (4), 283-292. http://dx.doi.org/10.12973/eurasia.202.864a Partnership for 21st Century Learning. (2015). P21 Partnership for 21st Century Learning. Partnership for 21st Century Learning, 9. Retrived from http://www.p21.org/documents/P21_Framework_Definitions.pdf Passey, D. (2014). Inclusive technology enhanced learning: Overcoming cognitive, physical, emotional, and geographic challenges. Inclusive Technology Enhanced Learning: Overcoming Cognitive, Physical, Emotional and Geographic Challenges. https://doi.org/10.4324/9780203073742 Performance Measurement and Reporting Taskforce. (2005). National Assessment Program Information and Communication Technology Literacy 2005 Years 6 and 10 An Assessment Domain for ICT Literacy Introduction ICT Literacy Domain Definition. Education And Training. Melbourne: Ministerial Council on Education, Employment, Training, and Youth Affairs (MCEETYA) Permendikbud. (2013). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Pernia, E. (2008). Strategy framework for promoting ICT literacy in the Asia- Pacific region.Thailand: UNESCO Bangkok. Retrived from http://119.82.251.165:8080/xmlui/handle/123456789/34 Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. 135 Priatna, I. K., Putrama, I. M., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E- Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di. Jurnal Nasional Pendidikan Informatika (JANAPATI), 6(1), 70–78. Retrived from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/view/9931 Purwanto, N. (2002). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Rauf, R. A. A., Rasul, M. S., Mansor, A. N., Othman, Z., & Lyndon, N. (2013). Inculcation of Science Process Skills in A Science Classroom. Asian Social Science. https://doi.org/10.5539/ass.v9n8p47 Rezba, R. J., Sprague, C. R., McDonnough, J.T., & Matkins, J.J. (2007). Learning and Assessing Science Process Skills. Kendall, Hunt Publishing Company: Iova. Rice, W. (2015). Moodle E-Learning Course Development (Third Edition).United Kingdom: Packt. Riduwan. (2014). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Rizal, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 2(3), 159-165 Roblyer, M.D. & Doering, A.H. (2014). Integrating Educational Technology into Teaching (6th ed.). London: Pearson Rokhmatika, S., Harlita, & Prayitno, B. A. (2012). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Dipadu Kooperatif Jigsaw Berpengaruh Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan Biologi UNNES, 4(2), 72-83. Rosa, F.O. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP Pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhhamadiyah Metro. Sabahiyah, Marhaeni, A.A.I.N., & Suastra, I.W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V Gugus 03 Wanasaba Lombok Timur. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3. Retrived from http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/ Schunk, D. H. (2012). Learning Theories An Education Perspective. Printice Hall Inc., New Jersey (Sixth Edit, Vol. 53). Boston: Pearson Education. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 136 Shan Fu, J. (2013). ICT in Education : A Critical Literature Review and Its Implications. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology, 9(1), 112–125. Sholihan, M.I.W., Maridi, Ariyanto, J., & Setyanti, I. (2017). Inkuiri Terbimbing Sebagai Cara Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X MIA SMA. Bioedukasi, 10 (1), 1-8. Staiger, J. (2012). How E-Book Are Used A Literature Review of the E-Book Studies Conducted from 2006 to 2011. Reference & User Services Quartenly, 51(4), 355-365 Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2013). Modul virtual : Multimedia flipbook dasar teknik digital. Invotec, IX(2), 101–116. Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia Surjono, H.D. (2013). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle (2nd ed.). Yogyakarta: UNY Press Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. CV Wacana Prima. Ting, C. Y. (2001). Enhancing Learner’s Conceptual Change in Physics: Towards The Development of Multimedia Cognitive Tools. Malaysia: Faculty of Information Technology Multimedia University Cyberjaya Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara Whelan, R. (2008). Use of ICT in Education in The South Pacific: Findings of The Pacific E-learning Observatory. Distance Education, 29, 53-70 Widoyoko, S. E. P. (2018). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah (3rd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Wood, K.C., Smith, H., & Grossniklaus, D. (2001). Piaget’s Stages of Cognitive Development. In M. Orey (Ed.), Emerging Perspectives on Learning, Teaching, and Technology. Retrived from http://projects.coe.uga.edu/eplitt/ Zeidan, A. H. & Jayosi, M. R. (2015). Science Process Skills and Attitude towards Science among Palestinian Secondary School Students. World Journal of Education, 5 (1), 13-24 citation: Lestari, Dwi and Prasetyo, Zuhdan Kun (2019) Pengembangan Electronic Module IPA Berbasis Inkuiri untuk Memfasilitasi Keterampilan Proses Sains dan ICT Literacy. S2 thesis, Program Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/69181/1/Cover.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/69181/2/Daftar%20Pustaka.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/69181/3/Lampiran.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/69181/4/Bab%20I.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/69181/5/Bab%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/69181/6/Bab%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/69181/7/Bab%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/69181/8/Bab%20V.pdf