%T MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER RUGBY DI SD GLOMPONG GUNUNG KIDUL TAHUN AJARAN 2018/2019 %D 2020 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %O Dosen Pembimbing: Dr. Ermawan Susanto, M.Pd. %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi motivasi peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler Rugby di SD Glompong Gunung Kidul Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan teknik pengambilan data menggunakan instrumen kuesioner berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler Rugby di SD Glompong Gunung Kidul yang berjumlah 40 peserta didik, baik kelas bawah maupun kelas atas dengan rincian 20 peserta didik laki-laki dan 20 peserta didik perempuan yang diambil menggunakan teknik total sampling. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler Rugby di SD Glompong Gunung Kidul Tahun Ajaran 2018/2019 berada pada kategori “sangat rendah” 12,5% (5 siswa), kategori “rendah” 25% (10 siswa), kategori “sedang” 25% (10 siswa), kategori “tinggi” 32,5% (13 siswa), kategori “sangat tinggi” 5% (2 siswa). Berdasarkan faktor instrinsik berada pada kategori “sangat rendah” 15% (6 siswa), kategori “rendah” 15% (6 siswa), kategori “sedang” 25% (10 siswa), kategori “tinggi” 37,5% (15 siswa), kategori “sangat tinggi” 7,5% (3 siswa). Berdasarkan faktor ekstrinsik berada pada kategori “sangat rendah” 7,5% (3 siswa), kategori “rendah” 22,5% (9 siswa), kategori “sedang” 22,5% (9 siswa), kategori “tinggi” 45% (18 siswa), kategori “sangat tinggi” 2,5% (1 siswa). %A Nia Meliana %K rugby, ekstrakurikuler %L UNY69125