eprintid: 69112 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/06/91/12 datestamp: 2020-10-01 06:26:41 lastmod: 2020-10-01 06:26:41 status_changed: 2020-10-01 06:26:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Al-Islami, Dlia Urrohman Amrulloh title: PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DI KELAS IV A SD I AN-NUUR, PODOSOKO, SAWANGAN ispublished: pub subjects: F4 subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian yang dilaksanakan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan melalui metode problem solving di kelas IV A SD Islam An-Nuur, Podosoko, Sawangan. Penelitian yang dilaksanakan menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc. Taggart. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas IV A SD Islam An-Nuur, Podosoko, Sawangan yang terdiri dari 18 siswa, dengan rincian 5 siswa putra dan 13 siswa putri. Teknik yang dipergunakan dalam menggumpulkan data adalah teknik observasi, dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi guru, dan lembar observasi siswa. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgement. Analisis data dilakukan secara kuantitatif kemudian dijabarkan secara kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian adalah apabila siswa yang tuntas dari batasan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditentukan oleh sekolah sebesar 70 dapat mencapai 90%, dan aktivitas guru dan siswa yang diperoleh lebih dari 70% dengan klsifikasi baik, serta terjadi peningkatan rata-rata Hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode problem solving dapat meningkatkan keaktifan siswa, yang mana pada siklus 1 keaktifan siswa adalah 65% dan pada siklus 2 menjadi 72%. Keaktifan guru dari siklus 1 dan siklus 2 juga menunjukkan peningkatan dari 76% di siklus 1 menjadi 86% pada siklus 2. Ditinjau dari jumlah siswa, hasil belajar matematika materi pecahan menunjukkan peningkatan, dari siklus 1 siswa yang memenuhi KKM adalah 89% kemudian pada siklus 2 menjadi 100%. Dan ditinjau dari rerata, hasil belajar siswa meningkat sebesar 13,2 dengan rincian pada siklus 1 rerata hasil belajar adalah 84,1 dan pada siklus 2 rerata yang diperoleh adalah 97,3. Kata kunci: metode problem solving, hasil belajar date: 2020-11-01 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Al-Islami, Dlia Urrohman Amrulloh (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI METODE PROBLEM SOLVING DI KELAS IV A SD I AN-NUUR, PODOSOKO, SAWANGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/69112/1/Dlia%20Urrohman%20Amrulloh%20Al%20Islami.pdf