TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Ifnu, Saladin Y1 - 2020/10/01/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika kelas IV SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta dengan menggunakan media pembelajaran Papan Konversi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta yang berjumlah 24 siswa, dengan 10 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, dan observasi, serta refleksi. . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan menggunakan media papan konversi di kelas IV SD Negeri Surokarsan 2 Yogyakarta khususnya pada pembelajaran matematika materi konversi satuan panjang. Pada pra siklus jumlah siswa yang mendapatkan nilai mencapai KKM hanya 54%. Lalu pada siklus I siswa yang mendapatkan nilai mencapai KKM meningkat menjadi 67%, sedangkan hasil akhir siklus II siswa yang mendapatkan nilai mencapai KKM telah mencapai 99%, sehingga pada siklus II prestasi belajar siswa sudah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebanyak ?80% jumlah siswa yang hadir mencapai skor kriteria ketuntasan minimal. Kata kunci: prestasi belajar matematika, Papan Konversi UR - http://eprints.uny.ac.id/69110/ TI - PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN KONVERSI BAGI SISWA KELAS 4 SD N SUROKARSAN 2 YOGYAKARTA AV - restricted M1 - skripsi ID - UNY69110 ER -