%L UNY69103 %X Penelitian ini diawali dari perlunya pengembangan media untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Peneliti mengembangkan media DAPEKA untuk pembelajaran matematika, khususnya materi FPB dan KPK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media DAPEKA dan mengetahui tingkat kelayakan media DAPEKA dalam pembelajaran matematika materi FPB dan KPK di kelas IV SD N Kembangsari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan menggunakan model ADDIE. Tahap yang dilakukan oleh peneliti adalah analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tempat penelitian ini adalah SD N Kembangsari. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas IV SD N Kembangsari. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil pengembangan media DAPEKA dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan minat belajar di sekolah dasar melalui proses validasi. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi materi mendapatkan skor rata-rata 4,86 dengan kategori “sangat baik” dan validasi media mendapatkan skor rata-rata 4,875 dengan kategori “sangat baik”. Uji coba awal mendapatkan skor rata-rata 4,8 dari respon guru dengan kategori “sangat baik” dan skor rata-rata 4,42 dari respon siswa dengan kategori “sangat baik”. Uji coba lapangan mendapatkan skor rata-rata 4,9 dari respon guru dengan kategori “sangat baik” dan skor rata-rata 4,45 dari respon siswa dengan kategori “sangat baik”. Kata kunci: Pengembangan media, DAPEKA %A Latifah Adha Rahmawati %D 2020 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN MEDIA DAPEKA (DAKON FPB DAN KPK) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS IV SD N KEMBANGSARI