%0 Thesis %9 S2 %A Kimianti, Febyarni %A Prasetyo, Zuhdan Kun %B Pendidikan Sains %D 2019 %F UNY:69089 %I Program Pascasarjana %K e-modul IPA, kemampuan berpikir kritis, literasi sains, problem-based learning %T Pengembangan E-modul IPA Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains. %U http://eprints.uny.ac.id/69089/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul IPA berbasis problem-based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains siswa SMP Muhammadyah 2 Godean. Penelitian ini adalah research and development dengan mengadopsi lima tahap model ADDIE (analyze, design, development, implement, dan evaluate). Tahap analyze meliputi analisis awal, analisis siswa, analisis konsep serta merumuskan tujuan pembelajaran. Tahap design meliputi penyusunan outline e-modul berupa pemilihan media dan format e-modul serta mendisain isi pembelajaran dalam e- modul. Tahap development meliputi pengembangan instrumen pengumpulan data. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini ialah lembar kelayakan untuk dosen ahli, lembar kepraktisan untuk guru IPA dan teman sejawat, lembar keterbacaan siswa, serta soal pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis dan literasi sains. Instrumen ini dikembangkan berdasarkan peninjauan dosen pembimbing, penilaian dosen ahli, guru IPA, teman sejawat dan uji coba pada siswa. Tahap implement meliputi penerapan e-modul yang telah dikembangkan pada siswa kelas VII SMP Muhammadyah 2 Godean. Disain eksperimen yang digunakan pada tahap ini adalah pretest-postest control group design. Tahap evaluate meliputi bentuk evaluasi yang dilakukan pada setiap tahap ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan merupakan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul IPA berbasis problem-based learning yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA. E-modul IPA tersebut praktis digunakan, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains.