TY - JOUR UR - http://www.uny.ac.id TI - Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas AV - public JF - PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA SN - 978-979-16353-1-8 ID - UNY6908 A1 - Ibrahim, Ibrahim PB - Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta N2 - Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang perlu untuk dijadikan perhatian utama dan urgen untuk ditingkatkan pada diri siswa karena selain merupakan tujuan pembelajaran matematika, tetapi juga sebagai jantungnya matematika serta merupakan alat utama untuk melakukannya. Selain itu, kemampuan ini akan digunakan pada masalah keseharian siswa atau situasi dalam pembuatan keputusan secara baik dalam kehidupannya. Fakta-fakta telah mengungkapkan baik di dalam maupun di luar Indonesia bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih belum cukup memadai. Hal ini memberikan petunjuk untuk segera memperbaiki kelemahan dari proses pembelajaran di kelas yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Apabila kelemahan semacam ini tidak diantisipasi dan tidak diperbaiki maka akan selalu terjadi dan akan menghambat pada pencapaian tujuan pembelajaran matematika. Di dalam makalah ini akan dikaji karakteristik dari salah satu alternatif pembelajaran matematika yang dianggap inovatif serta memberikan peluang lebih banyak pada siswa untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis, yaitu pembelajaran berbasis masalah. Selain itu juga, dikaji beberapa faktor yang perlu diperhatikan dan dipertimbangakan pada pembelajaran matematika dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis dan pembelajaran berbasis masalah. Y1 - 2008/// ER -