%K pendidikan jasmani, penilaian %X Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman Guru penjas mengenai instrumen penilaian proyek (project assessment) di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Subjek dalam penelitian ini adalah adalah Guru Penjas di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan benar-salah. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukan tingkat pemahaman Guru penjas mengenai instrumen penilaian proyek (project assessment) di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman pada kategori “sanggat tinggi” sebesar 44% (7 guru), “tinggi” sebesar 56% (9 guru), “cukup” sebesar 0% (0 guru), “rendah” sebesar 0% (0 guru), “sangat rendah” sebesar 0% (0 guru). Berdasarkan nilai rata-rata yaitu 81,25, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman guru penjas mengenai instrumen penilaian proyek (project assessment) di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman dalam kategori “sangat tinggi”. %A Indera Dwi Pratiwi %O Dosen Pembimbing: Danang Pujo Broto, M.Or. %L UNY69052 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %D 2020 %T TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENJAS MENGENAI INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK (PROJECT ASSESSMENT) DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN