%0 Journal Article %@ 978-979-16353-1-8 %A Endah, Ekowati %D 2008 %F UNY:6904 %I Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta %J PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA %T Peningkatan Pembelajaran Konsep Pengolahan Data Melalui Tutor Sebaya Dengan Komputer %U http://eprints.uny.ac.id/6904/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kreativitas siswa kelas 6 SD dalam pembelajaran konsep Pengolahan Data dengan menggunakan TURBATER, (2) untuk mengetahui bagaimana tingkat prestasi belajar matematika siswa kelas 6 SD dalam pembelajaran konsep Pengolahan Data dengan menggunakan TURBATER Adapun tempat penelitian di dalam kelas 6 SD Buin Batu.Metode penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Tanggart dengan tahapan perencanaan, tindakan dan pengamatan serta refleksi untuk setiap siklus. Penelitian ini bersifat kolaboratif karena melibatkan guru matematika sekaligus Kepala sekolah SD-SMP Buin Batu sebagai observer. Penelitian ini dirasa cocok untuk pemecahan masalah karena memungkinkan peneliti untuk melakukan tindakan atau peningkatan terhadap suatu program dengan melibatkan guru matematika di sekolah lokasi. Hasil pengolahan data untuk tiap siklus diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (a) untuk siklus pertama, dari 20 orang siswa kelas 6 SD Buin Batu, terdapat 7 orang yang telah tuntas belajarnya secara individual dan 13 orang siswa yang tidak tuntas, sehingga secara klasikal terdapat 35 % dari seluruh siswa yang tuntas. Jadi penelitian ini perlu dilanjutkan dengan siklus selanjutnya, (2) dari 20 orang siswa kelas 6 SD Buin Batu, terdapat 10 orang yang telah tuntas belajarnya secara individual dan 10 orang siswa yang tidak tuntas, sehingga secara klasikal terdapat 50 % dari seluruh siswa yang tuntas sehingga terdapat peningkatan sebesar 15 %. Jadi penelitian ini perlu dilanjutkan dengan siklus selanjutnya, (3) Pada siklus ketiga (terakhir) dari 20 orang siswa kelas 6 SD Buin Batu yang telah tuntas belajarnya 17 orang dan yang tidak tuntas 3 orang, sehingga pada siklus ini dihentikan penelitiannya karena terdapat 85 % secara klasikal telah tuntas belajarnya. Keyword : Pengolahan Data , Kreativitas, Prestasi , Ketuntasan Individu , Ketuntasan Klasikal