%O Dosen Pembimbing: Nur Rohmah Muktiani, M.Pd. %X Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui adakah perbedaan penggunaan media digital dan aktivitas jasmani siswa sekolah dasar di daerah perkotaan dan pedesaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif komparatif, dengan perhitungan persentase. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas atas SDN Sleman 5 dan SDN Ngablak. Pengujian instrumen menggunakan Validitas dan Realibilitas. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analisis data metode analisis data menggunakan Univariat Analysis dan statistik komparatif dengan uji-t. Dengan jumlah responden 111 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan yang dilakukan oleh peneliti yang menggunakan aplikasi SPSS for Windows 16.00 serta bantuan Microsoft Excel menunjukkan bahwa, penggunaan media digital di perkotaan dan pedesaan memiliki nilai signifikansi 0,356 yang artinya lebih dari 0,05, kemudian aktivitas jasmani di perkotaan dan pedesaan memiliki nilai signifikansi 0,004 yang artinya kurang dari 0,05. Dapat dikatakan 1 Ha , 1 Ho , 2 Ho ditolak dan 2 Ha diterima yaitu terdapat perbedaan aktivitas jasmani siswa sekolah dasar di SDN Sleman 5 dan SDN Ngablak. %A Satya Andika %K aktivitas jasmani %L UNY69033 %T PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DAN AKTIVITAS JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR DI DAERAH PERKOTAAN DAN PEDESAAN %D 2020 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan