TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/69018/ AV - public KW - CORE KW - keterampilan berpikir kritis KW - media monopoli KW - media ular tangga TI - Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dengan Media Monopoli dan Ular Tangga terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PPKn di SMP. M1 - tesis ID - UNY69018 A1 - Maharani, Tidi A1 - Gafur, Abdul PB - Program Pascasarjana Y1 - 2019/10/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh penerapan model pembelajaran CORE dengan media monopoli terhadap keterampilan berpikir kritis perserta didik, (2) pengaruh penerapan model pembelajaran CORE dengan media ular tangga terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan (3) perbandingan pengaruh penerapan media monopoli dan media ular tangga terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan menggunakan pretest-posttest nonequivalent. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Gamping, Yogyakarta. Pengambilan sample dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok kelas eksperimen I sebanyak 31 peserta didik dan kelompok kelas eksperimen II sebanyak 31 peserta didik. Pengumpulan data penelitian melalui lembar tes dan kuesioner. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes dan non tes yang telah di uji validasi dan reabilitas dengan menggunakan bantuan program SPSS 21.0 dengan taraf signifikan 0,05. Olah data pada penelitian ini dengan menggunakan uji Paired samples t-test dan Regresi Linear. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penerapan model pembelajaran CORE dengan media monopoli memiliki pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik sebesar 79% melalui mata pelajaran PPKn di SMPN 3 Gamping (2) Penerapan model pembelajaran CORE dengan media ular tangga memiliki pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik sebesar 72.2%, terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui mata pelajaran PPKn di SMPN 3 Gamping (3) Penerapan media monopoli dan media ular tangga memiliki perbedaan pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui mata pelajaran PPKn di SMPN 3 Gamping. Hal ini di tunjukkan dengan nilai 79% bahwa media pembelajaran monopoli memiliki pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik, sedang media ular tangga memiliki pengaruh sebesar 72.2% terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. ER -