<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENDIDIKAN NONFORMAL DAN PENGURANGAN KEMISKINAN DI PEDESAAN (PENDEKATAN PENGEMBANGAN MODEL PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP) DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA\r\nABSTRAK\r\n"^^ . "Pendidikan nonformal melalui pendidikan kecakapan hidup telah menunjukkan kontribusi positif bagi pengurangan kemiskinan di pedesaan meskipun masih memerlukan upaya pengembangan berbagai model pendidikan kecakapan hidup melalui penelitian dan pengembangan. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa peningkatan kualitas masyarakat miskin memerlukan suatu upaya pengembangan yang dilakukan secara terencana, terstruktur, dan mendasarkan pada pmikiran ilmiah dan obyektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pendidikan kecakapan hidup yang dapat berperanan pada pengurangan kemiskinan di pedesaan. \r\nPenelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Kulon Progo, dan Gunung Kidul dengan menerapkan pendekatan penelitian dan pengembangan. Subyek analisis adalah program pendidikan kecakapan hidup yang sedang dilaksanakan di dua kabupaten itu yaitu program KWD ternak kelinci di Kab. Gunung Kidul dan KWK rias ram but di Kab. Kulon Progo. Penentuan prorgram-program pendidikan sebagai sampel penelitian dan informan penelitian ditentukan secara bertujuan (purposive). Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitaf. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pengkajian terhadap kebutuhan pendidikan kecakapan hidup pada dua kelompoka sasaran dilakukan dengan menggunakan pemikiran kecakapan hidup 4-H (head/otak, hands/tangan, heart/hati, dan health/sehat). Kebutuhan kecakapan hidup pada kelompok sasaran di dua program dimaksud menunjukkan kondisi yang tidak jauh berbeda, dimana kedua kelompok masih perlu dikembangkan aspek otak, tangan, dan hatinya. Selain itu, dirumuskan pula model pendidikan kecakapan hidup 4-H yang divalidasi. Kedua, berdasarkan kondisi yang ditemukan ini, serangkaian kegiatan pengembangan pendidikan kecakapan hidup dilakukan meliputi pelatihan vokasional, pemberian pengalaman belajar melalui observasi lapangan, diskusi dan refleksi hasil pelatihan vokasional dan observasi, pelaksanaan pelatihan kecakapan hidup nonvokasional model 4-H, dan evaluasi hasil pendidikan dilakukan. Model pengembangan yang diujicobakan kemudian divalidasi. Hasil evaluasi menunjukkan terdapat peningkatan output pendidikan yang diselenggarakan pada kedua kelompok sasaran program. Oleh karena itu, dalam konteks pengurangan kemiskinan model PKH 4-H ini perlu dikembangkan lebih terstruktur dan integratif dan menjamin semua kecakapan hidup yang menjadi fokus pengembangan kecakapan hidup upaya mengatasi kemiskinan.\r\n"^^ . "2010-12-30" . . . "UNY"^^ . . . . . . . "Prof.Dr."^^ . "Yoyon Suryono"^^ . "Prof.Dr. Yoyon Suryono"^^ . . "Sumarno, Ph.D."^^ . . . "Entoh Tohani, S.Pd."^^ . . . . . . . "PENDIDIKAN NONFORMAL DAN PENGURANGAN KEMISKINAN DI PEDESAAN (PENDEKATAN PENGEMBANGAN MODEL PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP) DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA\r\nABSTRAK\r\n (Text)"^^ . . . "1002_Yoyon_Suryono_(PHK).doc"^^ . . . "PENDIDIKAN NONFORMAL DAN PENGURANGAN KEMISKINAN DI PEDESAAN (PENDEKATAN PENGEMBANGAN MODEL PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP) DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA\r\nABSTRAK\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #690 \n\nPENDIDIKAN NONFORMAL DAN PENGURANGAN KEMISKINAN DI PEDESAAN (PENDEKATAN PENGEMBANGAN MODEL PROGRAM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP) DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA \nABSTRAK \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Sekolah" . . . "LPPM" . .