%0 Thesis %9 S2 %A Nangku, Marsianus Satrio %A Rohaeti, Eli %B Pendidikan Kimia %D 2019 %F UNY:68991 %I Program Pascasarjana %K Pembelajaran berbasis masalah, pemahaman konsep, kemampuan verbal %T Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Laju Reaksi Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Verbal Siswa SMA. %U http://eprints.uny.ac.id/68991/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep dan kemampuan verbal siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only control group design, siswa SMAN 1 Poco Ranaka. Perlakuan yang diberikan untuk masing-masing kelas penelitian yaitu penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk kelas eksperimen sedangkan untuk kelas kontrol menerapkan model pembelajaran yang sering diterapkan guru yaitu Learning Cycle 5E. Pengumpulan data yang digunakan untuk mendeskripsikan hasil penelitian yaitu lembar observasi kemampuan verbal, tes kemampuan pemahaman konsep dan angket tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan uji MANOVA dengan bantuan SPSS. Hasil uji MANOVA dengan statistik uji Hotteling’s Trace menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 (taraf signifikansi). Persentase sumbangan yang diberikan oleh model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep dan kemampuan verbal siswa juga dianalisis menggunakan uji signifikansi univariat. Persentase sumbangan model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep dan kemampuan verbal siswa berturut sebesar, 22,26% dan 33,17%, keduanya memperoleh p = 0,000 < 0,05 (taraf signifikansi). Hal ini menunjukkan pengaruh positif dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep dan kemampuan verbal siswa, meskipun masih dalam kategori sumbangan rendah dan menengah. Perolehan hasil angket tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif, menunjukkan tanggapan positif dari siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif dengan sumbangan yang cukup, terhadap pemahaman konsep dan kemampuan verbal siswa.