%I Program Pascasarjana %D 2019 %T Eksplorasi Kemampuan Literasi Kimia, Keterampilan Kolaborasi, dan Efikasi Diri Siswa SMA pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia Berbasis Konteks. %L UNY68975 %K efikasi diri, kesetimbangan kimia, kolaborasi, literasi kimia, PBK %X Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan kemampuan literasi kimia, keterampilan kolaborasi, dan efikasi diri siswa pada pembelajaran berbasis konteks (PBK) dan pendekatan saintifik; (2) perbedaan kemampuan literasi kimia siswa pada PBK dan pendekatan saintifik; (3) perbedaan keterampilan kolaborasi siswa pada PBK dan pendekatan saintifik; (4) perbedaan efikasi diri siswa pada PBK dan pendekatan saintifk; (5) tingkat pencapaian kemampuan literasi siswa pada PBK; (6) tingkat pencapaian keterampilan kolaborasi siswa pada PBK; dan (7) tingkat pencapaian efikasi diri siswa pada PBK. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan post-test only design. Sebanyak 118 siswa kelas XI dari dua SMA/MA Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta, dipilih menggunakan teknik convenience sampling dan kelompok siswa dipilih secara acak. Sampel diklasifikasikan menjadi dua kelas berdasarkan pendekatan pembelajaran yang digunakan, yaitu kelas dengan PBK (kelas eksperimen) dan kelas dengan pendekatan saintifik (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan literasi kimia, angket dan lembar observasi keterampilan kolaborasi, serta angket efikasi diri. Instrumen penelitian yang digunakan memiliki reliabilitas yang baik dan layak digunakan. Data dianalisis dengan teknik MANOVA untuk menganalisis perbedaan kemampuan literasi kimia, keterampilan kolaborasi dan efikasi diri siswa pada PBK dan pendekatan saintifik. Tingkat pencapaian kemampuan literasi kimia, keterampilan kolaborasi dan efikasi diri siswa pada PBK dianalisis dengan kategori penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan signifikan dari kemampuan literasi kimia, keterampilan kolaborasi, dan efikasi diri siswa pada PBK dengan pendekatan saintifik; (2) terdapat perbedaan signifikan dari kemampuan literasi kimia siswa pada PBK dengan pendekatan saintifik; (3) terdapat perbedaan signifikan dari keterampilan kolaborasi siswa pada PBK dengan pendektan saintifik; (4) terdapat perbedaan signifikan dari efikasi diri siswa pada PBK dengan pendekatan saintifik; (5) tingkat pencapaian kemampuan literasi kimia siswa pada PBK dominan pada kategori kurang; (6) tingkat pencapaian keterampilan kolaborasi siswa pada PBK berada pada kategori baik; dan (7) tingkat pencapaian efikasi diri siswa pada PBK berada pada kategori baik. Penerapan PBK berpotensi untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia, keterampilan kolaborasi dan efikasi diri siswa. %A Hestu Anggah Eny %A Antuni Wiyarsi