TY - JOUR JF - Proceeding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Elektro (SNPTE) 2014 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi belajar siswa aspek kognitif, afektif, dan psikomotor pada pencapaian kompetensi pengukuran komponen elektronik kelas X yang mengikuti pembelajaran dengan model project based learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi ekperimen dengan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian TITL di SMK Negeri 1 Pleret berjumlah 64 siswa. Analisis data dalam penelitian ini dengan analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan pencapaian kompetensi belajar siswa aspek kognitif (thitung= 4,110> ttabel= 1,998 dan sig=0,000), afektif (thitung= 4,023 > ttabel= 1,998 dan sig=0,000) dan psikomotor (thitung= 2,421 > ttabel= 1,998 dan sig=0,000) yang mengikuti pembelajaran dengan model project based learning dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Y1 - 2014/11// A1 - Saputro, Rahman Dwi A1 - Hariyanto, Didik ID - UNY68869 TI - Keefektifan Project Based Learning untuk Peningkatan Kompetensi Pengukuran Komponen Elektronik di SMK Negeri Pleret AV - public SN - 0216-034X UR - http://eprints.uny.ac.id/68869/ ER -