%0 Thesis %9 S2 %A Patria, Yohan Aurino Brian %A Istiyono, Edi %B Pendidikan Fisika %D 2019 %F UNY:68774 %I Program Pascasarjana %K CAT, Fisika, HOTS Marzano, Pilihan majemuk beralasan, Tes %T Pengembangan Computerized Adaptive Test (CAT) untuk Memetakan Higher Order Thinking Skills Fisika Versi Marzano Peserta Didik Kelas XI SMA. %U http://eprints.uny.ac.id/68774/ %X Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan computerized adaptive test (CAT) versi MARZANO (CAT-MARZANO) yang dapat memetakan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) fisika versi Marzano, 2) mendeskripsikan karakteristik CAT-MARZANO, 3) mengetahui pemetaan HOTS fisika versi Marzano menggunakan CAT di Kabupaten Bantul, dan 4) mengetahui efektivitas penggunaan CAT-MARZANO. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate untuk pengembangan CAT dan model Antonio Oriondo yang terdiri dari tahap desain, uji coba, dan perakitan tes untuk pengembangan tes HOTS Marzano. Penelitian dilakukan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan subjek uji coba sebanyak 322 peserta didik kelas XI IPA, yang barasal dari enam SMA negeri di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) CAT-MARZANO yang dikembangkan berupa empat paket tes pilihan majemuk beralasan HOTS Fisika yang terdiri dari 136 butir dengan 8 anchor items. (2) Tes yang dikembangkan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai alat ukur berdasarkan: a) validasi oleh ahli, dengan nilai V Aiken butir pada rentang 0,74-1,00 dengan kriteria valid; b) hasil uji coba terbatas, dengan nilai rata-rata INFIT MNSQ dan simpangan baku sebesar 1,00±0,07, dan seluruh butir fit dengan Partial Credit Model dengan rentang nilai INFIT MNSQ 0,93-1,07; c) keseluruhan butir dinyatakan cukup reliabel dengan nilai estimasi reliabilitas butir dan testi sebesar 0,68; d) tingkat kesukaran butir berdasarkan IRT, yang cukup baik dengan nilai b pada rentang - 1,25 sampai 0,89; e) fungsi informasi dan SEM, dengan kecocokan tes untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam rentang -1,6 sampai 3,0. (3) HOTS Marzano peserta didik di kabupaten Bantul terpetakan pada kategori ‘Tinggi’ sebesar 26,7 % dan kategori ‘Sedang’ sebesar 73,3 %. (4) CAT-MARZANO yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan berdasarkan: a) hasil validasi oleh ahli, dengan kriteria sangat baik dan sangat layak digunakan; b) hasil analisis angket respon, dengan persentase keefektifan sebesar 82,80% dengan kriteria efektif digunakan.