eprintid: 68770 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1275 dir: disk0/00/06/87/70 datestamp: 2021-10-18 09:08:34 lastmod: 2021-10-18 09:08:35 status_changed: 2021-10-18 09:08:34 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sholichatun, Wahyu corp_creators: Nur Rohmah Muktiani, M.Pd. title: KESULITAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SD/MI PADA MASA PANDEMI COVID-19 SE-KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG ispublished: pub subjects: or_pkr subjects: pssd_pgsd divisions: fik_olahraga_pgsd_penjas full_text_status: public keywords: kesulitan, pembelajaran PJOK, Covid-19 note: Dosen Pembimbing: Nur Rohmah Muktiani, M.Pd. abstract: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesulitan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SD/MI pada masa pandemi Covid-19 se-kecamatan Dukun kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SD/MI kecamatan Dukun kabupaten Magelang sebanyak 19 guru. Data yang dikumpulkan menggunakan data kuesioner. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian kesulitan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan SD/MI pada masa pandemi Covid-19 se-Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang yang termasuk dalam kategori Tinggi (53%). Faktor Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran PJOK dengan indikator mengadakan pembelajaran menunjukkan hasil (74%) termasuk dalam kategori rendah dan persiapan pelaksanaan pembelajaran PJOK pada masa Pandemi menunjukkan hasil (47%) dalam kategori sedang. Faktor Pelaksanaan Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19 dengan indikator metode pembelajaran yang digunakan oleh guru menunjukkan hasil (58%) dalam kategori sedang, media yang digunakan menunjukkan nilai (68%) dengan kategori sedang, dan penguasan materi bagi guru menunjukkan hasil (47%) termasuk dalam kategori tinggi. Faktor Evaluasi Pembelajaran dengan indikator keaktifan siswa menunjukkan hasil (42%) dalam kategori sedang, kesulitan atau hambatan pelaksanaan pembelajaran menunjukkan hasil (37%) dalam kategori sangat tinggi, dan indikator pengambilan nilai menunjukkan hasil (47%) termasuk dalam kategori rendah. Untuk itu diperlukan peningkatan guru PJOK agar pembelajaran di masa pandemi dapat berjalan dengan baik. date: 2021-07-02 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Keolahragaan department: PGSD Penjas thesis_type: skripsi citation: Sholichatun, Wahyu (2021) KESULITAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SD/MI PADA MASA PANDEMI COVID-19 SE-KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/68770/1/fulltext_wahyu%20sholichatun_17604224032.pdf