%I Fakultas Ilmu Keolahragaan %D 2020 %T TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA PJKR FIK UNY 2016 TERHADAP MATAKULIAH PENJAS ADAPTIF MATERI TUNAGRAHITA %L UNY68711 %K Pemahaman, Penjas Adaptif, Tunagrahita. %A Tri Afringgasari Saputra %X Pendidikan yang baik diperoleh dari adanya kualitas tenaga pendidik yang berkompeten dalam memberi materi pelajaran, hal ini termasuk pada pendidikan jasmani adaptif. Saat ini kualitas dari proses pembelajaran pendidikan jasmani adaptif dirasa belum cukup baik. Mahasiswa PJKR FIK UNY, adalah salah satu sosok yang dipersiapkan untuk menjadi tenaga pengajar yang berkompeten dalam pembelajaran pendidikan jasmani baik reguler maupun adaptif. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa PJKR FIK UNY angkatan 2016 terhadap mata kuliah Pendidikan Jasmani Adaptif khususnya materi tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Februari 2020. Pengumpulan data menggunakan teknik survei menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi PJKR FIK UNY 2016 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah total yaitu berjumlah 185 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik insidental sampling yang memperoleh 75 mahasiswa. Variabel dalam penelitian ini adalah tingkat pemahaman mahasiswa PJKR FIK UNY 2016 terhadap mata kuliah Pendidikan Jasmani Adaptif materi tunagrahita. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuisioner dengan 25 butir pernyataan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman mahasiswa PJKR FIK UNY 2016 terhadap mata kuliah Pendidikan Jasmani Adaptif materi tunagrahita dapat diketahui bahwa kategori sangat baik terdapat 3 orang (4%), kategori baik terdapat 16 orang (22,33%), kategori cukup terdapat 21 orang (28%), kategori kurang baik terdapat 31 orang (42,33%) dan pada kategori tidak baik terdapat 4 orang (5,33%).